Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya merupakan salah satu instansi pemerintah di bawah naungan Walikota Tasikmalaya dalam menjalankan mandat untuk merawat dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Kota Tasikmalaya. Selama perjalanan tahun 2017 – 2021, Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya mengalami banyak kendala dalam segi sumber daya manusia serta sarana dan prasarana penunjang sumber daya manusia. Dengan permasalahan yang dihadapi ini, Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya membutuhkan langkah-langkah strategis untuk mengoptimalkan kualitas sumber daya manusia pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya, salah satunya dengan mengefektifkan pelaksanaan Penilaian Kinerja PNS.
Tujuan dari penelitian ini adalah merancang perbaikan pada proses pelaksanaan Penilaian Kinerja PNS berdasarkan kebutuhan pegawai Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya. Kerangka yang digunakan oleh peneliti dalam Tugas Akhir ini adalah model Analisis Kepentingan Performansi yang digabungkan dengan model SERVQUAL dan SERVPERF dan model Dynamic Governance untuk memandang perspektif permasalahan dari budaya dan kompetensi instansi pemerintahan. Model atribut kualitas yang digunakan adalah model modifikasi dari model SERVQUAL yaitu model SERVPERF. Kemudian hasil nilai kualitas yang dihitung dipetakan pada Matriks Kepentingan-Kualitas Terbobot.
Berdasarkan Terdapat 2 (dua) atribut yang akan diprioritaskan dalam perbaikan berdasarkan nilai kepentingan dan kualitas atribut yang dihitung. Perbaikan yang dilakukan oleh peneliti meliputi integrasi user interface eKinerja dengan format Penilaian Kinerja PNS yang baru serta jadwal rinci pengintensifan eKinerja usulan beserta indikator yang harus dicapai dalam rencana implementasinya.