digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan industri musik di Indonesia berkembang dari tahun ke tahun, serta pertumbuhan populasi generasi muda atau Gen Z. Target pasar IMS adalah generasi muda atau Gen Z yang membutuhkan lebih banyak pembelajaran dalam mengembangkan keterampilan di bidang musik. IMS mengalami penurunan jumlah siswa yang sangat kontradiktif dengan perkembangan industri musik dan pertumbuhan generasi muda atau populasi Gen Z saat ini. Salah satu upaya yang bisa dilakukan IMS adalah membandingkan strategi pemasaran dengan kompetitor utama. IMS melakukan benchmark dengan pesaing utama untuk menemukan keunggulan strategi promosi yang dilakukan. Desain strategi pemasaran dilakukan dengan menggunakan Integrated Marketing Communication (IMC) dan pengalaman pelanggan melalui customer journey. Hasil penelitian ini adalah desain komunikasi pemasaran. Penggunaan desain IMC dalam hal Periklanan, Penjualan Langsung, Promosi Penjualan, Hubungan Masyarakat, Acara dan Pengalaman. Customer Journey juga dilakukan sebagai perjalanan interaksi pelanggan dengan IMS dengan melihat kesadaran, kondisderasi, pembelian, retensi dan advokasi. Periklanan dan Brand Awareness adalah perhatian utama yang harus dilakukan IMS. Penggunaan Brand Ambassador merupakan solusi akhir sebagai alat yang efektif untuk meningkatkan layanan pelanggan dari IMS.