digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Willis Kristian H Pasaribu
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Willis Kristian H Pasaribu
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Willis Kristian H Pasaribu
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Willis Kristian H Pasaribu
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Willis Kristian H Pasaribu
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Willis Kristian H Pasaribu
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PT CAIRAN FRIKSI adalah pemasok pelumas independen terbesar di dunia yang merupakan grup global yang berkantor pusat di Jerman. Portofolio produk PT CAIRAN FRIKSI memiliki enam kategori yaitu pelumas otomotif, pelumas industri, pelumas gemuk, pelumas pemrosesan logam, pelumas aplikasi khusus, dan layanan. Dalam situasi pandemi, sebagian besar sektor usaha terkena dampak dan mengalami penurunan pertumbuhan akibat pandemi. Menjadi kebutuhan pokok kehidupan manusia dalam situasi pandemi, industri makanan memiliki pertumbuhan positif dalam industri bisnisnya yang menjadi target PT CAIRAN FRIKSI untuk mengoptimalkan penjualan di industri makanan dan minuman dengan mengusulkan dan menerapkan strategi bisnis. Namun mulai tahun 2020 hingga semester pertama 2021, kinerja penjualan PT CAIRAN FRIKSI dari segmen target menunjukkan hasil yang kurang memuaskan dan jauh dari target yang telah ditetapkan. Untuk menganalisis dan meneliti strategi bisnis untuk segmen target PT CAIRAN FRIKSI, peneliti menggunakan metode kualitatif yang didukung oleh data primer dari wawancara internal manajemen puncak PT CAIRAN FRIKSI sedangkan data sekunder dikumpulkan dari data internal perusahaan dan materi yang dipublikasikan. Berdasarkan data yang terkumpul, langkah analisis menggunakan framework PESTEL dan Porter’s Five Forces untuk lingkungan eksternal sedangkan untuk lingkungan internal menggunakan analisis VRIO. Dari analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa PT CAIRAN FRIKSI memiliki kekuatan dalam teknologi dan sertifikasi yang lengkap dari produk pelumas food grade tetapi kelemahan dalam jaringan pemasok dan distribusi. Untuk memahami industri Makanan dan Minuman, PT CAIRAN FRIKSI perlu fokus pada pasar tertentu di Industri ini. Strategi ini juga selaras dengan DNA perusahaan yang menyediakan teknologi canggih di bidang Pelumas dan orang-orang yang kompeten untuk melayani pelanggannya. Peneliti telah menyusun rekomendasi strategi bisnis dan rencana implementasi untuk mengeksekusi strategi dalam rangka memahami pasar dan meningkatkan kinerja penjualan di Industri Makanan dan Minuman.