digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pemilihan lokasi merupakan strategi penting bagi bisnis, oleh karena itu perlu menggunakan metode SIG sebagai salah satu pertimbangan untuk memilih lokasi yang tepat. SIG adalah singkatan dari Sistem Informasi Geografis, pada dasarnya metode SIG adalah suatu sistem informasi dimana data-datanya berhubungan dengan spasial. Untuk menentukan solusi terbaik Analytical Hierarchy Process dengan kriteria estimasi ukuran pasar, cakupan, dan waktu pengiriman telah digunakan pada penelitian ini. Selama tahun 2020 situasi keseluruhan untuk PT. Laukita dapat menyimpulkan bahwa pendapatannya turun meskipun mereka sudah mencoba mengikuti tren dengan melakukan penjualan digital melalui beberapa pasar. Menurut PT. Laporan Laukita dari awal tahun 2020 hingga akhir tahun pendapatannya turun 38%. Penelitian ini ada untuk menemukan mengapa pendapatan turun dan apa solusi terbaik untuk memperbaiki masalah ini. Untuk itu penulis melakukan wawancara mendalam. Untuk memilih lokasi daerah yang potensial karena produk yang dijual adalah makanan beku, digunakan analisis buffer dari metode SIG untuk mencari lokasi untuk menempatkan reseller dari PT. Laukita menurut target pelanggan dari analisis STP. Untuk memilih solusi terbaik yang diusulkan digunakan analisis AHP dengan kriteria: (1) estimasi ukuran pasar, (2) cakupan, (3) waktu pengiriman ke pelanggan.