Pemilihan lokasi merupakan strategi penting bagi bisnis, oleh karena itu
perlu menggunakan metode SIG sebagai salah satu pertimbangan untuk
memilih lokasi yang tepat. SIG adalah singkatan dari Sistem Informasi
Geografis, pada dasarnya metode SIG adalah suatu sistem informasi
dimana data-datanya berhubungan dengan spasial. Untuk menentukan
solusi terbaik Analytical Hierarchy Process dengan kriteria estimasi ukuran
pasar, cakupan, dan waktu pengiriman telah digunakan pada penelitian ini.
Selama tahun 2020 situasi keseluruhan untuk PT. Laukita dapat
menyimpulkan bahwa pendapatannya turun meskipun mereka sudah
mencoba mengikuti tren dengan melakukan penjualan digital melalui
beberapa pasar. Menurut PT. Laporan Laukita dari awal tahun 2020 hingga
akhir tahun pendapatannya turun 38%. Penelitian ini ada untuk menemukan
mengapa pendapatan turun dan apa solusi terbaik untuk memperbaiki
masalah ini. Untuk itu penulis melakukan wawancara mendalam. Untuk
memilih lokasi daerah yang potensial karena produk yang dijual adalah
makanan beku, digunakan analisis buffer dari metode SIG untuk mencari
lokasi untuk menempatkan reseller dari PT. Laukita menurut target
pelanggan dari analisis STP. Untuk memilih solusi terbaik yang diusulkan
digunakan analisis AHP dengan kriteria: (1) estimasi ukuran pasar, (2)
cakupan, (3) waktu pengiriman ke pelanggan.