digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak : Chevron Indonesia Company (CICO) merupakan salah satu perusahaan minyak terbesar di dunia. Dengan wilayah operasional yang luas dan kebutuhan barang yang banyak, maka dibutuhkan manajemen persediaan yang efektif dan efisien. Peramalan kebutuhan yang akurat dan koordinasi yang baik antara pihak User, Procurement, Inventory Control dan pemasok merupakan salah satu faktor keberhasilan untuk mencapai tujuan tersebut. Masalah yang dihadapai CICO saat ini adalah jumlah persediaan yang meningkat tetapi kualitas pelayanan menurun. Data untuk periode Januari 2006 sampai dengan Januari 2007 memperlihatkan peningkatan jumlah persediaan sebesar 7% dan nilai Rasio Ketersediaan Stok (SAR) untuk barang kritikal turun 5%. Jumlah persediaan yang meningkat dapat terjadi karena penggunaan metode peramalan yang tidak tepat dan tidak dilakukannya koreksi terhadap peramalan tersebut. Dengan tingkat akurasi peramalan yang rendah, maka jumlah pemesanan barang tidak sesuai dengan kebutuhan aktual. Kualitas pelayanan yang menurun dapat terjadi karena keterlambatan pengiriman barang. Keterlambatan pengiriman barang tersebut disebabkan oleh perencanaan awal yang kurang matang dan informasi yang tidak cukup mengenai jumlah kebutuhan. Untuk itu diperlukan suatu mekanisme koordinasi yang dapat menjembatani pertukaran informasi yang lebih efektif dan efisien. Penggunaan teknologi informasi merupakan salah satu jalan keluarnya. CICO telah memiliki teknologi tersebut. Tetapi pemanfaatannya belum maksimal karena belum adanya model koordinasi. Collaborative Planning, Forecasting and Replenishment (CPFR) adalah model proses bisnis yang diusulkan rekanan untuk mengkoordinasikan rencana untuk mengurangi variasi antara suplai dengan permintaan. Selain itu dengan menerapkan metode peramalan yang tepat dapat meningkatkan tingkat akurasi peramalan tersebut. Penerapan CPFR dan metode peramalan yang tepat dapat mengurangi jumlah persediaan di gudang dan juga meningkatkan kualitas dari pelayanan departemen pengadaan.