digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Milyana Rahayu
PUBLIC Taupik Abidin


Saat ini, hampir semua orang mengenal YouTube sebagai salah satu platform media sosial terpopuler di dunia. Penggunaan YouTube adalah sebagai tempat berbagi video dan sebagai media informasi, bantuan belajar, bahkan sebagai media komersial untuk bisnis. Dengan meningkatnya popularitas YouTube, pemasar telah menemukan cara baru untuk mengintegrasikan produk mereka ke dalam video online yaitu penempatan produk YouTube. Contoh product placement yang populer adalah salah satu brand mie instan sehat Indonesia yang bekerja sama dengan influencer YouTube populer Indonesia. Namun, meskipun YouTube sudah ada dan populer sejak lama, beberapa studi penelitian membahas penempatan produk di konten YouTube. Oleh karena itu, penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui apakah konten YouTube dengan product placement yang disampaikan oleh YouTube influencer akan efektif dalam mempengaruhi keputusan pembelian penonton atau tidak. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengumpulkan data dengan melakukan metode survei. Peneliti menggunakan statistik deskriptif dan PLS-SEM untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan pengalaman merek, nilai hiburan, nilai informatif, kredibilitas sumber, citra merek, sikap merek, loyalitas merek, kepercayaan, dan niat beli dapat mempengaruhi keputusan pembelian pemirsa. Temuan penelitian ini dapat membantu pembaca, influencer, dan merek makanan dan minuman mengembangkan strategi pemasaran mereka.