ABSTRAK Milyana Rahayu
PUBLIC Taupik Abidin 2021 TA PP MILYANA RAHAYU 1-FULL.pdf?
PUBLIC Taupik Abidin
Saat ini, hampir semua orang mengenal YouTube sebagai salah satu platform media sosial
terpopuler di dunia. Penggunaan YouTube adalah sebagai tempat berbagi video dan sebagai media
informasi, bantuan belajar, bahkan sebagai media komersial untuk bisnis. Dengan meningkatnya
popularitas YouTube, pemasar telah menemukan cara baru untuk mengintegrasikan produk
mereka ke dalam video online yaitu penempatan produk YouTube. Contoh product placement
yang populer adalah salah satu brand mie instan sehat Indonesia yang bekerja sama dengan
influencer YouTube populer Indonesia. Namun, meskipun YouTube sudah ada dan populer sejak
lama, beberapa studi penelitian membahas penempatan produk di konten YouTube. Oleh karena
itu, penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui apakah konten YouTube dengan product
placement yang disampaikan oleh YouTube influencer akan efektif dalam mempengaruhi
keputusan pembelian penonton atau tidak. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kuantitatif
untuk mengumpulkan data dengan melakukan metode survei. Peneliti menggunakan statistik
deskriptif dan PLS-SEM untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan pengalaman
merek, nilai hiburan, nilai informatif, kredibilitas sumber, citra merek, sikap merek, loyalitas
merek, kepercayaan, dan niat beli dapat mempengaruhi keputusan pembelian pemirsa. Temuan
penelitian ini dapat membantu pembaca, influencer, dan merek makanan dan minuman
mengembangkan strategi pemasaran mereka.