digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tugas akhir ini membahas tentang pengoptimalan sudut penyalaan (????????????, ????????????????) SRM 12/8 5 kW 3000 rpm pada skema regenerative braking dengan menggunakan Algoritma Genetik/Genetic Algorithm (GA) multiobjektif. Objektif dari pengoptimalan ini adalah dengan memaksimalkan regenerasi daya yang dihasilkan ???????????????????????? dan riak torka ???????? yang diminimalkan. Finite Element Analysis (FEA) dilakukan untuk mendapatkan karakteristik flux linkage dan torka statis. Karakteristik tersebut digunakan untuk pemodelan drive dan motor yang akan digunakan sebagai black box untuk mencari sudut penyalaan optimal. Dengan menggunakan sudut tersebut pada model kendaraan elektrik ringan (eTrike), regenerative braking dapat dilakukan pada jalan datar dan jalan menurun. Pengereman pada kecepatan tinggi pada jalan datar maupun jalan menurun menghasilkan energi regeneratif dan riak torka yang lebih besar dibandingkan pengereman kecepatan rendah. Pada jalan datar, energi regeneratif pada 3000 rpm, ????????????????????????,3000???????????? = 12881,69 ???????? dan riak torka ????????,3000???????????? = 2,27????. ????. Pada jalan menurun, ????????????????????????,3000???????????? = 3283,49 ???????? dan ????????,3000???????????? = 1,79????. ?