Tugas akhir ini membahas tentang pengoptimalan sudut penyalaan
(????????????, ????????????????) SRM 12/8 5 kW 3000 rpm pada skema regenerative braking
dengan menggunakan Algoritma Genetik/Genetic Algorithm (GA) multiobjektif. Objektif dari pengoptimalan ini adalah dengan memaksimalkan
regenerasi daya yang dihasilkan ???????????????????????? dan riak torka ???????? yang
diminimalkan. Finite Element Analysis (FEA) dilakukan untuk
mendapatkan karakteristik flux linkage dan torka statis. Karakteristik
tersebut digunakan untuk pemodelan drive dan motor yang akan digunakan
sebagai black box untuk mencari sudut penyalaan optimal. Dengan
menggunakan sudut tersebut pada model kendaraan elektrik ringan (eTrike), regenerative braking dapat dilakukan pada jalan datar dan jalan
menurun. Pengereman pada kecepatan tinggi pada jalan datar maupun
jalan menurun menghasilkan energi regeneratif dan riak torka yang lebih
besar dibandingkan pengereman kecepatan rendah. Pada jalan datar, energi
regeneratif pada 3000 rpm, ????????????????????????,3000???????????? = 12881,69 ???????? dan riak torka
????????,3000???????????? = 2,27????. ????. Pada jalan menurun, ????????????????????????,3000???????????? =
3283,49 ???????? dan ????????,3000???????????? = 1,79????. ?