digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Arina Sabila Rahma
PUBLIC Taupik Abidin

Di Puri Indah Sidoarjo, terdapat minimarket lokal bernama Rin Mart. Dalam menjalankan bisnisnya, Rin Mart memiliki kekurangan dalam mempromosikan produk atau layanannya ke semua target pasarnya. Timnya juga tidak bisa memastikan apakah promosi yang dilakukan cukup efektif atau tidak, padahal sebenarnya promosi yang efektif sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan untuk memastikan informasi yang ingin disampaikan kepada pelanggan sudah tersampaikan dan diterima dengan baik. Oleh karena itu, penilaian bauran promosi Rin Mart yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pelanggan diperlukan sebagai tahap awal sebelum memperbaiki strategi promosi saat ini. Dalam penelitian ini, pengaruh bauran promosi Rin Mart terhadap persepsi pelanggan; persepsi pelanggan terhadap sikap pelanggan; sikap pelanggan terhadap niat beli; dan niat beli terhadap keputusan pembelian pelanggan diidentifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Seluruh responden diperoleh melalui kuesioner offline dan online dengan sampling pertimbangan. Populasi diwakili oleh 235 pelanggan Rin Mart yang tinggal atau bekerja di Puri Indah Sidoarjo. Analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif, PLS-SEM, dan Uji Kruskal-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari iklan (A) terhadap persepsi pelanggan (CP); promosi penjualan (SP) terhadap persepsi pelanggan (CP); persepsi pelanggan (CP) terhadap sikap pelanggan (CA); sikap pelanggan (CA) terhadap niat beli (PUI); dan niat beli (PUI) terhadap keputusan pembelian pelanggan (CBD). Dengan hasil yang diperoleh, penelitian ini dapat membantu Rin Mart untuk memilih strategi promosi yang efektif yang harus dilanjutkan dan dikembangkan oleh Rin Mart.