digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Faradita Kurnia Maharani
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Faradita Kurnia Maharani
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Faradita Kurnia Maharani
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Faradita Kurnia Maharani
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Faradita Kurnia Maharani
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Faradita Kurnia Maharani
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Ekonomi dan bisnis yang berbasis digital telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita belakangan ini. Salah satu industri di sektor digital yang berkembang paling pesat adalah media daring, dengan persaingan yang sangat ketat didalamnya. Berdasarkan Kementerian Infromasi Teknologi dan Komunikasi pada tahun 2018 Indonesia memiliki lebih dari 48.000 media daring. Katadata merupakan salah satunya, didirikan pada 1 April 2012 di Jakarta dengan fokus produksi pada sektor ekonomi dan bisnis. Kini Katadata merupakan salah satu media daring terpercaya yang telah mendapatkan banyak penghargaan. Keunggulan Katadata ada pada kemampuannya dalam menintegrasikan kekuatan jurnalistik, oalahan data dan riset serta design yang menarik. Penelitian pada proyek tugas akhir ini akan fokus membahas mengenai strategi bisnis yang diajukan untuk Katadata berdasarkan analisa yang luas dan mendalam terhadap pengaruh-pengaruh baik dari dalam maupun luar perusahaan. Dengan ojektif untuk mengidentfikasi, menganalisis, dan mengevaluasi faktor2 yang mungkin mengakibatkan cepatnya pertumbuhan media daring di Indonesia. Melakukan formulasi terhadap strategi bisnis yang paling sesuai untuk diambil. Serta menyediakan rekomendasi peningkatan yang dapat dilakukan. Formulasi strategi bisnis dilakukan dengan menggunakan beberapa kerangka analisis berupa STP Framework Analysis, VRIO Framework, dalam melakukan internal analisis. Serta menggunakan dan Porter Five’s Forces Analysis dan Analisis Kompetitor sebagai kerangka pada analisis luar perusahaan. Dan menggunakan SWOT Analysis untuk menggabungkan analisis internal dan externalnya. Hasil dari penelitian berdasarkan analisis yang telah dilakukan ini akan diformulasikan menggunakan kerangka TOWS Matrix, Porter Generic Strategy serta Diamond Strategy. Serta dilanjutkan dengan saran bisnis yang diberikan melalui bentuk Proposed STP dan proposed Business Model Canvas yang dilengkapi pula dengan rencana implementasi setiap langkahnya. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, formulasi strategi yang disarankan melihat kondisi dimana Katadata berada pada sektor dengan banyak pemain di pasar sejenis adalah Strategy Focused Differentation. Karena Katadata dapat memperkuat posisi perusahaanya melalui keunggulan kompetitif produknya yaitu integrasi kekuatan jurnalistik, riset, data serta tampilan yang menarik dan mudah dipahami. Serta untuk menarik potensi target pasar yang lebih besar Katadata dapat menambahkan artikel baru diluar sektor ekonomi dan bisnis serta mendistribusikannya melalui portal baru yang telah terintegrasi untuk meingkatkan kenyamanan penggunanya.