digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Di era digital saat ini, sumber daya manusia yang mampu memahami setiap perkembangan teknologi yang ada sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Saat ini, banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk membuat perusahaannya berbasis digital dan terintegrasi dengan baik karena dapat mendukung kinerja perusahaan menuju yang lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu, sumber daya manusia yang memiliki keterampilan dan pengetahuan ke arah yang sama seperti Analisis Bisnis dan juga Manajemen Telekomunikasi sangat dibutuhkan saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi pangsa pasar dari program Business Analytics dan Manajemen Telekomunikasi, serta untuk mengetahui tindakan pasar apa yang perlu dilakukan selanjutnya. Penelitian ini disusun menjadi 2 bagian, yaitu penelitian eksploratif menggunakan diskusi fokus kelompok dan penelitian konfirmatif menggunakan discrete choice model. Analisis choice model digunakan untuk memperkirakan probabilitas responden untuk memilih program. Penulis merancang kuesioner preferensi menggunakan d-efficient dari perangkat lunak Ngene. Perangkat lunak ini menghasilkan total 16 skenario alternatif yang dibagi menjadi 4 jenis. Setelah penulis mendapatkan pertanyaan yang telah diisi, maka akan dilanjutkan dengan teknik pemodelan multinomial logit (MNL) menggunakan python-Biogeme untuk menemukan atribut yang signifikan. Alternatif dan atribut yang signifikan untuk program yang ditawarkan didefinisikan oleh nilai uji t yang kuat dengan Analisis Bisnis (7,32) menjadi alternatif tertinggi diikuti oleh Manajemen Telekomunikasi (3,09), sementara untuk atributnya ternyata tidak ada yang signifikan. Setelah itu, diputuskan bahwa program yang dapat dibuka dan dikembangkan lebih lanjut adalah program Analisis Bisnis karena memiliki potensi pangsa pasar tertinggi dan juga memiliki keuntungan yang paling besar serta kerugian yang paling kecil. Oleh karena itu, pembentukan tim yang bertanggung jawab atas program dan mempelajari hukum serta segala perizinannya harus dilakukan sampai pembukaan awal program Analisis Bisnis ini.