digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Revolusi industry atau yang bias akita sebut dengan industry 4.0 merpakan tingkat perkembangan dalam bidang industry yang sudah digitalisasi. Digitalisasi pada Sebagian besar aspek dalam dunia industry diyakini akan meningkatkan efektifitas dan efesiensi suatu perusahaan. Hal ini mendorong banyak perusahaan untuk melakukan digitalisasi. Hal ini berbanding lurus dengan sumber daya manusia yang diperlukan. Kompetensi sumber daya manusia yang juga harus meningkat dan memiliki pengetahuan yang dalam mengenai ilmu terkait seperti ilmu yang memiliki konsentrasi dalam bisnis elektronik, telekomunikasi dengan bisnis, transformasi digital dan bisnis digital. Untuk itu dibuat penetian mengenai potensi pangsa pasar untuk progam konsentrasi dalam bisnis elektronik, telekomunikasi dengan bisnis, transformasi digital dan bisnis digital agar dapat mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan. Penelitian ini terdiri dari 2 bagian, bagian yang pertama adalah penelitian eksploratif dengan mengadakan diskusi focus kelompok dan penelitian konfirmatif menggunakan descrete choice model. Analisis choice model ini digunakan untuk memperkirakan probabilitas respondent pada program yang ditawarkan. Pada penelitian ini, penulis juga merancang kuisioner peferensi menggunakan perangkat lunak Ngene. Hasil data dari perangkat lunak ngene adalah 16 skenario yang dibagi menjadi 4 jenis.setelah penulis mendapatkan data terkait, maka dilanjutkan dengan pengolahan data dengan teknik pemodelan multinominal logit (MNL) menggunakan perangkat lunak bernama Biogeme. Hasil olah dat dengan menggunakan perangkat lunak Biogeme adalah nilai uji t yang menunjukkan atribut dan alternatif yang signifikan. Dari hasil tersebut alternatif yang paling signifikan adalah bisnis digital (2,5), tanpa adala atribut yang dignifikan. untuk itu, program yang dapat dibuka adalah bisnis digital karena memiliki potensi pasar paling tinggi diantara program yang lain.