Feedback merupakan bagian dari proses pembelajaran yang penting untuk
dilakukan karena dapat meningkatkan pencapaian murid, serta membantu murid
untuk mengetahui kondisi pemahaman mereka saat ini. Belum dijalankannya
pemberian feedback secara efektif, dan belum didukungnya pemberian feedback
yang efektif oleh aplikasi pembelajaran yang ada sekarang menjadi masalah utama
yang ingin diselesaikan oleh Tugas Akhir ini. Perancangan tugas akhir ini
menggunakan pendekatan user centered design dengan metodologi goal-directed
design (GDD) yang menjadikan Tugas Akhir ini berfokus pada goal dari pengajar
berupa memberikan feedback yang efektif dan goal dari pelajar berupa menerima
feedback yang efektif. Tahapan GDD yang akan diterapkan pada Tugas Akhir ini
adalah penelitian, pemodelan, pendefinisian kebutuhan, pendefinisian interaksi,
dan refinement. Tahap penelitian akan menghasilkan tujuan desain (Goal) yang
akan diperiksa ketercapaiannya pada tahap refinement, kebutuhan umum, dan
tujuan dan kegiatan pengguna. Tahap pemodelan akan menghasilkan persona yang
akan diacu dalam pembangunan fitur ini. Tahap pendefinisian kebutuhan akan
menghasilkan daftar fitur ,dan usability goals dan UX goal yang ingin dicapai dari
desain interaksi ini. Tahap pendefinisian interaksi akan menghasilkan low-fidelity
protoype. Tahap refinement akan menghasilkan high-fidelity prototype yang telah
diuji. Usability goals dan UX goal yang ingin dicapai oleh Tugas Akhir ini adalah
effectiveness, efficiency, learnability, dan helpful. Hasil dari Tugas Akhir ini berupa
high-fidelity prototype yang dibuat menggunakan kakas Figma. Pengujian terhadap
high-fidelity prototype dilakukan menggunakan metrik completion rate (CR) untuk
mengukur effectiveness, overall relative efficiency (ORE) untuk mengukur
efficiency, system usability scale (SUS) untuk mengukur kegunaan desain secara
umum, single ease question (SEQ) untuk mengukur learnability, dan intrinsic
motivation inventory (IMI) untuk mengukur helpful. Hasil pengujian dari highfidelity prototype yang dibuat menunjukkan bahwa prototype telah mencapai semua
tujuan desain (Goal), dan Usability Goals dan UX Goal.