M-wallet merupakan salah satu inovasi teknologi digital yang tidak hanya berfungsi sebagai alat pembayaran digital, namun dapat dipandang sebagai suatu information system (IS) berbentuk aplikasi berbasis perangkat mobile. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari aspek kualitas dalam mengevaluasi layanan aplikasi m-wallet terutama hubungannya dengan perilaku continuance intention yang merupakan perilaku post-adoption. Tujuan lain dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi dimensi – dimensi yang dapat mendeskripsikan mobile service quality yang mana secara spesifik dibangun dengan konteks m-wallet. Selain itu, penelitian ini pun menganalisis pengaruh moderasi dari monetary benefit yang didapat oleh pengguna dari diskon atau promosi terhadap perilaku penggunaan berkelanjutannya.
Penelitian ini menggunakan 326 sampel data pengguna aplikasi m-wallet di Indonesia yang dikumpulkan melalui kuesioner berbasis online. Structural Equation Modeling (SEM) digunakan untuk mengolah data dengan beberapa prosedur pengujian, yaitu pengujian model pengukuran dan pengujian model struktural.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aspek kualitas memiliki pengaruh yang kompleks terhadap continuance intention. Di sisi lain, dimensi – dimensi perceived mobility, application design, reliability, customer service, serta security/privacy terbukti dapat mendeskripsikan konsep mobile service quality dengan baik. Temuan lainnya adalah pengaruh moderasi dari variabel monetary benefit tidak terbukti berpengaruh dalam model yang dibangun, baik itu pada hubungan perceived usefulness terhadap continuance intention, maupun pada hubungan satisfaction terhadap continuance intention.