digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Laeticia Arisgraha
PUBLIC Alice Diniarti

Pandemipadatahun2020yangterjadiakibatpenyebaranvirusCOVID-19mengakibatkanbanyaknyaperubahandalamkehidupansehari-hari,sepertisalahsatunyaprogramBelajarDariRumah(BDR)yangdilaksanakanmurid-muridsekolah.KhususnyamuridSMAyangmelakukanprosesadaptasilebihmandiri,areabelajaryangnyamandanmemenuhikebutuhanpembelajarandapatmembantumelepasstres.Namunkarenasituasibersifattiba-tiba,lingkunganbelajarparamuridberubahdrastisdanareabelajardirumahnyabelumtentumemenuhikebutuhanpembelajaran.PelaksanaanBDRdanareabelajardirumahsendiridapatmempengaruhikesehatanfisikdanmental,sepertisakitmataakibatterlalulamamelihatperangkatelektronik,sakitpunggungakibatkursiyangtidakergonomis,danacademicstressakibattekananakademik.Karenanya,terdapatpeluanginovasidesainprodukuntukmembuatworkstationataufurniturareabelajaruntukmendukungkegiatanpembelajarandarirumah.PenelitianinimemilikitujuanuntukmengetahuiinteraksimuridSMAdenganareabelajarnyadirumah,mengidentifikasidanmemetakanmasalah-masalahyangmerekaalami,sertamengembangkandanmenghasilkanrekomendasiworkstationyangdapatmendukungkegiatanpembelajaranjarakjauhsiswadarirumah.Hasilakhirdaripenelitianiniadalahworkstationataufurniturareabelajaryangergonomis,memenuhikebutuhanbelajarsiswa,danmendukungkegiatanpembelajarandarirumahmuridSMA