digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Di era modern ini, informasi semakin mudah diakses sehingga semakin banyak orang yang melakukan kegiatan perencanaan perjalanan secara mandiri tanpa menggunakan agen perjalanan. Namun, banyaknya informasi yang tersedia dan kompleksitas dalam mempertimbangkan berbagai faktor dalam rencana perjalanan membuat orang merasa tidak nyaman dalam melakukan perencanaan perjalanan. Saat ini sudah terdapat website perancang rencana perjalanan otomatis yang dapat membantu pengguna membuat rencana perjalanan. Namun, masih terdapat ulasan yang kurang baik terhadapt website tersebut karena kesulitan pengguna dalam melakukan modifikasi rencana perjalanan. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini dikembangkan rancangan interaksi aplikasi perencanaan perjalanan wisata pada tampilan website dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan pada aplikasi yang telah ada. Tujuan dari perancangan desain interaksi ini adalah untuk meningkatkan kenyamanan pengguna dalam memodifikasi rencana perjalanan yang dibuat melalui aplikasi perencanaan perjalanan wisata dengan mencapai usability goals effective to use dan efficient to use serta user experience goals helpful dan enjoyable. Metodologi yang digunakan dalam perancangan desain interaksi aplikasi perencanaan wisata ini adalah usercentered design. Pengumpulan data mengenai permasalahan, kebutuhan, serta perilaku pengguna dilakukan dengan memanfaatkan kuesioner dan wawancara. Hasil akhir dari tugas akhir adalah prototipe high-fidelity untuk platform website. Pengujian akhir desain dilakukan dengan metode usability testing. Hasil dari pengujian yang dilakukan adalah: 1) kuesioner SUS menunjukkan skor 96 dari skala 100 yang menandakan secara garis besar desain interaksi berhasil mencapai usability goals yang ingin dicapai, 2) task completion rate mencapai skor 100% yang menandakan aplikasi berhasil mencapai usability goals effective to use, 3) kuesioner SEQ menunjukkan skor 6,8 dari skala 7 yang menandakan bahwa aplikasi berhasil mencapai usability goals efficient to use dan user experience goals enjoyable, 4) durasi waktu pada setiap tampilan yang singkat yaitu rata-rata 5 detik menandakan aplikasi berhasil emncapai usability goals efficient to use 5) kuesioner posttest mengenai user experience goals helpful yang mendapatkan skor 4.6 dari skala 5.