Di era modern ini, informasi semakin mudah diakses sehingga semakin banyak orang yang
melakukan kegiatan perencanaan perjalanan secara mandiri tanpa menggunakan agen perjalanan.
Namun, banyaknya informasi yang tersedia dan kompleksitas dalam mempertimbangkan berbagai
faktor dalam rencana perjalanan membuat orang merasa tidak nyaman dalam melakukan
perencanaan perjalanan. Saat ini sudah terdapat website perancang rencana perjalanan otomatis
yang dapat membantu pengguna membuat rencana perjalanan. Namun, masih terdapat ulasan yang
kurang baik terhadapt website tersebut karena kesulitan pengguna dalam melakukan modifikasi
rencana perjalanan. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini dikembangkan rancangan interaksi
aplikasi perencanaan perjalanan wisata pada tampilan website dengan mempertimbangkan
kelebihan dan kekurangan pada aplikasi yang telah ada. Tujuan dari perancangan desain interaksi
ini adalah untuk meningkatkan kenyamanan pengguna dalam memodifikasi rencana perjalanan
yang dibuat melalui aplikasi perencanaan perjalanan wisata dengan mencapai usability goals
effective to use dan efficient to use serta user experience goals helpful dan enjoyable. Metodologi
yang digunakan dalam perancangan desain interaksi aplikasi perencanaan wisata ini adalah usercentered design. Pengumpulan data mengenai permasalahan, kebutuhan, serta perilaku pengguna
dilakukan dengan memanfaatkan kuesioner dan wawancara. Hasil akhir dari tugas akhir adalah
prototipe high-fidelity untuk platform website. Pengujian akhir desain dilakukan dengan metode
usability testing. Hasil dari pengujian yang dilakukan adalah: 1) kuesioner SUS menunjukkan skor
96 dari skala 100 yang menandakan secara garis besar desain interaksi berhasil mencapai usability
goals yang ingin dicapai, 2) task completion rate mencapai skor 100% yang menandakan aplikasi
berhasil mencapai usability goals effective to use, 3) kuesioner SEQ menunjukkan skor 6,8 dari
skala 7 yang menandakan bahwa aplikasi berhasil mencapai usability goals efficient to use dan
user experience goals enjoyable, 4) durasi waktu pada setiap tampilan yang singkat yaitu rata-rata
5 detik menandakan aplikasi berhasil emncapai usability goals efficient to use 5) kuesioner posttest mengenai user experience goals helpful yang mendapatkan skor 4.6 dari skala 5.