2021 TA PP KINANTI JASMINE NADIA 1.pdf)u
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB
Indonesia memiliki keberagaman budaya masyarakat yang tinggi. Salah satu
kekayaan tersebut adalah mitos. Mitos sendiri adalah suatu cerita yang berkisah
tentang masa lampau yang dilebih-lebihkan, mengandung nilai luhur yang patut
dipertahankan hingga masa kini. Meskipun mitos tetap penting untuk zaman
sekarang, nyatanya wawasan masyarakat terhadap mitos termasuk kurang,
terutama bagi remaja Indonesia. Terdapat berbagai opsi untuk mempertahankan
nilai luhur dari mitos untuk remaja Indonesia. Seiring majunya zaman, minat
remaja terhadap suatu medium pun ikut berubah. Dengan salah satu medium
yang diminati oleh remaja dan cocok untuk penyisipan mitos (yaitu fantasy mobile
role-playing game), pengenalan mitos terhadap remaja dapat dilakukan dengan
efektif. Dikarenakan mitos seringkali mengandung nilai magis, genre fantasi cocok
digunakan untuk memperkenalkan kembali mitos kepada remaja. Dengan
memainkan medium yang diminati, sambil bersenang-senang, remaja Indonesia
berpeluang besar untuk memperluas wawasannya terhadap mitos Indonesia,
termasuk mitos asal Jawa. Oleh karena itu, perancangan ini digunakan untuk
membuat fantasy mobile role-playing game, guna memperkenalkan kembali
mitos Gagak Rimang kepada remaja Indonesia. Perancangan ini dibuat mengarah
kepada penyatuan mitos folklor tentang Gagak Rimang dengan tren permainan
bergenre fantasi yang digemari oleh target sasaran, untuk meningkatkan wawasan
target sasaran mengenai mitos Gagak Rimang