digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2021 TA PP KINANTI JASMINE NADIA 1.pdf)u
Terbatas Noor Pujiati.,S.Sos
» ITB

Indonesia memiliki keberagaman budaya masyarakat yang tinggi. Salah satu kekayaan tersebut adalah mitos. Mitos sendiri adalah suatu cerita yang berkisah tentang masa lampau yang dilebih-lebihkan, mengandung nilai luhur yang patut dipertahankan hingga masa kini. Meskipun mitos tetap penting untuk zaman sekarang, nyatanya wawasan masyarakat terhadap mitos termasuk kurang, terutama bagi remaja Indonesia. Terdapat berbagai opsi untuk mempertahankan nilai luhur dari mitos untuk remaja Indonesia. Seiring majunya zaman, minat remaja terhadap suatu medium pun ikut berubah. Dengan salah satu medium yang diminati oleh remaja dan cocok untuk penyisipan mitos (yaitu fantasy mobile role-playing game), pengenalan mitos terhadap remaja dapat dilakukan dengan efektif. Dikarenakan mitos seringkali mengandung nilai magis, genre fantasi cocok digunakan untuk memperkenalkan kembali mitos kepada remaja. Dengan memainkan medium yang diminati, sambil bersenang-senang, remaja Indonesia berpeluang besar untuk memperluas wawasannya terhadap mitos Indonesia, termasuk mitos asal Jawa. Oleh karena itu, perancangan ini digunakan untuk membuat fantasy mobile role-playing game, guna memperkenalkan kembali mitos Gagak Rimang kepada remaja Indonesia. Perancangan ini dibuat mengarah kepada penyatuan mitos folklor tentang Gagak Rimang dengan tren permainan bergenre fantasi yang digemari oleh target sasaran, untuk meningkatkan wawasan target sasaran mengenai mitos Gagak Rimang