digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Yadi Kurniadi
PUBLIC Open In Flipbook Irwan Sofiyan

COVER Yadi Kurniadi
PUBLIC Open In Flipbook Irwan Sofiyan

BAB 1 Yadi Kurniadi
PUBLIC Open In Flipbook Irwan Sofiyan

BAB 2 Yadi Kurniadi
PUBLIC Open In Flipbook Irwan Sofiyan

BAB 3 Yadi Kurniadi
PUBLIC Open In Flipbook Irwan Sofiyan

BAB 4 Yadi Kurniadi
PUBLIC Open In Flipbook Irwan Sofiyan

BAB 5 Yadi Kurniadi
PUBLIC Open In Flipbook Irwan Sofiyan

BAB 6 Yadi Kurniadi
PUBLIC Open In Flipbook Irwan Sofiyan

PUSTAKA Yadi Kurniadi
PUBLIC Open In Flipbook Irwan Sofiyan

Meningkatnya aktivitas perdagangan yang dilakukan secara daring dalam beberapa tahun terakhir membuat pertumbuhan sektor e-commerce meningkat dengan cepat. Logistik memegang peranan penting dalam menunjang pertumbuhan e-commerce. Logistik berperan sebagai penghubung antara penjual, e-commerce dan pelanggan. Logistik pada sektor ini melibatkan proses forward logistik dalam aktivitas pemenuhan pesanan pelanggan dan aktivitas reverse logistik dalam mengelola pengembalian produk dari pelanggan kembali ke e-commerce maupun penjual. Pada penelitian ini digunakan pendekatan dinamika sistem untuk memodelkan aliran produk dalam sistem e-commerce. Pemenuhan pesanan dibagi menjadi dua aliran yaitu pemenuhan dari fulfilment center inventori dan langsung dari penjual. Jika produk dikirimkan langsung dari penjual maka akan meningkatkan waktu pengiriman. Kapasitas e-commerce dalam mengelola pengembalian produk akan mempengaruhi waktu pengembalian produk. Waktu pengiriman dan waktu pengembalian produk merupakan faktor yang akan mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam berbelanja di e-commerce tertentu. Kepuasan pelanggan akan mempengaruhi permintaan produk. Dari hasi simulasi diperoleh ketika waktu pengiriman lebih dari 6 hari maka kepuasan pelanggan menunjukan pola turun dengan cepat sedangkan untuk waktu pengembalian produk kepuasan pelanggan turun secara signifikan setelah waktu pengembalian produk lebih dari 7 hari.