ABSTRAK Iffah Sulistyawati Hartana
PUBLIC Irwan Sofiyan
COVER Iffah Sulistyawati Hartana
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB
BAB 1 Iffah Sulistyawati Hartana
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB
BAB 2 Iffah Sulistyawati Hartana
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB
BAB 3 Iffah Sulistyawati Hartana
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB
BAB 4 Iffah Sulistyawati Hartana
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB
BAB 5 Iffah Sulistyawati Hartana
PUBLIC Irwan Sofiyan
BAB 6 Iffah Sulistyawati Hartana
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB
PUSTAKA Iffah Sulistyawati Hartana
PUBLIC Irwan Sofiyan
Kebocoran minyak yang terjadi akibat kerusakan pipa bawah laut merupakan salah satu
kecelakaan fatal yang dapat terjadi di industri minyak dan gas. Selain dapat
mengganggu proses produksi, peristiwa ini juga dapat menimbulkan berbagai efek
samping yang sukar ditanggulangi dan berdampak fatal, salah satunya adalah di bidang
lingkungan. Penelitian ini bertujuan melakukan pemodelan terhadap lintasan
kebocoran minyak dari pipa bawah laut hingga sampai ke permukaan dengan
menggunakan metode Computational Fluid Dynamics (CFD) dan Volume of Fluid
(VOF). Kedua metode ini dipadukan dan disimulasikan dengan menggunakan
perangkat lunak Ansys Fluent. Data yang dihasilkan oleh simulasi dalam penelitian
adalah berupa waktu tempuh minyak yang bocor hingga sampai ke permukaan laut dan
jarak horizontal maksimum yang dijangkau minyak sampai ke permukaan laut. Kedua
data tersebut kemudian diolah dan disajikan dalam bentuk rekomendasi desain untuk
instalasi oil containment boom yang dapat meminimalisir penyebaran kebocoran
minyak agar dampak yang ditimbulkan dapat diminimalisir.