digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2003 UTOMO
PUBLIC Open In Flip Book rikrik

Abstrak : Suatu perhitungan komputasi dinamika fluida (CFD) pada model mobil jenis minibus telah dilakukan untuk mensimulasikan dan mengestimasikan koefisien tahanan (CD) menggunakan FLUENT. Pada awal penelitian, berbagai model turbulensi dijalankan dan dibandingkan (benchmark) dalam simulasi aliran dua dimensi, stedi, turbulen, dan inkompresibel pada suatu kasus Backward facing step. Hasilnya dibandingkan dengan basil eksperimennya. Dan duapuluh model turbulensi yang dibandingkan, model turbulensi k-? RNG terpilih sebagai model turbulensi yang paling baik karena paling mendekati hasil eksperimen dan selanjutnya digunakan untuk mensimulasi kasus-kasus berikutnya. Simulasi berikutnya dilakukan pada model minibus skala 1/20 pada berbagai variasi kecepatan untuk mengetahui karakteristik aerodinamikanya, dalam hal ini koefisien tahanan. Koefisien tahanan yang diperoleh dari perhitungan tersebut dibandingkan dengan data eksperimen dari pengujian terowongan angin. Ketidaksesuaian nilai koefisien tahanan hasil simulasi dengan hasil eksperimen masih berada di baE.ah batas kesalahan 1.3%. Akhirnya, usaha untuk meningkatkan perfonnansi minibus dalam hal pengurangan tahanan aerodinamika diselidiki dengan mensimulasikan model skala penuh yang dimodifikasi. Dari tujuh kasus modifikasi yang disimulasikan terdapat tiga kasus modifikasi yang berhasil men~u~angi koefisien tahanan pada model minibus tersebut. Pengurangan koefisien tahanan tersebut mencapai maksimal 30,63% pada kasus modifikasi bemper depan.