digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Adinda Rahma Dewanti
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Persaingan di industri uang elektronik semakin kuat. Banyak perusahaan yang mulai memasuki industri ini dan salah satunya adalah Astrapay. Astrapay sebagai perusahaan uang elektronik berbasis server atau disebut e-wallet memiliki banyak calon pelanggan baik dari pelanggan maupun karyawan grup Astra. Namun, brand awareness Astrapay masih rendah. Pada 2019, Astra berhasil menjual sekitar 5,4 juta kendaraan, namun hingga 20 September pengguna Astrapay hanya 193.779. Apalagi menurut sensortower.com pada Oktober 2020 aplikasi Astrapay hanya menduduki peringkat 569 untuk kategori Aplikasi iphone gratis teratas dan peringkat 52 untuk aplikasi iPhone gratis teratas. (sensortower.com, 2020). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan strategi dalam mengembangkan kesadaran merek Astrapay. Sumber data untuk menganalisis permasalahan bisnis adalah data primer dan data sekunder. Data primer berupa wawancara dengan manajer pemasaran, kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden, dan observasi sebagai intership. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Agustus 2020 sampai dengan bulan Oktober 2020. Untuk data sekunder berasal dari data internal perusahaan, artikel, dan penelitian pihak ketiga. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis mengajukan lima a untuk solusi pendukung bauran pemasaran, lima kekuatan porter, dan analisis SWOT. Berdasarkan kuesioner terungkap bahwa hanya 16% responden yang mengetahui Astrapay dan hanya 2% responden yang menyebutkan Astrapay ketika responden perlu mengingat aplikasi e-wallet. Saran yang diberikan untuk Astrapay adalah perusahaan perlu menggenjot promosi karena kesadaran merek adalah pintu utama untuk mendapatkan seluruh jalur pelanggan Untuk promosi, Astrapay dapat menggunakan komunikasi pemasaran terintegrasi untuk memberikan pesan yang jelas dan menarik melalui periklanan, pemasaran langsung, penjualan dan promosi, hubungan masyarakat, media online dan sosial, serta penjualan pribadi. Omni-digital juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan komitmen pelanggan yang menggunakan Astrapay melalui saluran online.