digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Bisnis didirikan pada hubungan pelanggan, dan persepsi merek juga menentukan nada. Perusahaan, tentu saja, ingin menumbuhkan persepsi merek yang positif di antara konsumen sasaran mereka, tetapi itu adalah tujuan yang rumit. Exsport adalah merek produk PT. Eigerindo MPI yang telah bergerak di industri fashion yang memproduksi berbagai tas, fashion dan aksesoris sejak 1979. Exsport Bags telah dikenal sebagai merek tas sekolah yang kompak dan berkualitas tinggi di Indonesia, namun reputasi Export tidak seperti yang diharapkan saat ini. Dengan tampilan baru Exsport yang didirikan pada tahun 2018, Exsport ingin pelanggan dapat melihat transformasi Exsport dari sekolah menjadi tas kasual dan juga sebagai item gaya hidup. Sementara itu, Ekspor memiliki jangkar yang tidak mapan dan tidak jelas untuk identitas merek setelah pergeseran pasarnya. Hal ini secara langsung mempengaruhi citra merek yang tidak relevan dengan pasar yang diinginkan sehingga pasar yang dibidik tidak akan mendapatkan persepsi nilai yang jelas atas produk tersebut dan memiliki kecenderungan untuk beralih ke merek lain. Oleh karena itu, asosiasi positif bergantung pada seberapa besar konsumen yakin bahwa merek tertentu ini dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan mereka dengan cara yang relevan, berbeda, dan dapat dipercaya. Eksplorasi merek yang terdiri dari customer profiling dan brand equity dilakukan dalam penelitian ini kepada 38 audiens terpilih berdasarkan kriteria demografis yang ditargetkan. Hasil eksplorasi merek menunjukkan bahwa pengalaman pikiran, pendapat, perasaan, dan persepsi positif tentang suatu produk memiliki peran utama dalam meningkatkan nilai persepsi merek. Hasil akhir dari penelitian ini adalah dirumuskan strategi merek dengan pendekatan Customer-Based Brand Equity (CBBE). Rekomendasi penulis untuk merek adalah memperkuat strategi merek berdasarkan unsur-unsur CBBE yang terdiri dari pengembangan brand salience, brand imagery, performa merek, penilaian merek, perasaan merek, dan resonansi merek.