digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK M Arif Salsabil
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Misbar Cinema adalah sebuah sebuah organisasi baru yang bergerak di bidang acara, gaya hidup dan entertain yang fokus pada acara pemutaran film. Masalah yang dihadapi oleh Misbar Cinema saat ini adalah Misbar memiliki retensi pengunjung yang rendah yang artinya penonton yang datang jarang untuk datang kembali di acara berikutnya walaupun Misbar telah melaksanakan 8 acara pada tahun 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kondisi terkini Misbar cinema. Kedua adalah mencari tau kenapa Misbar Cinema memiliki tingkat retensi yang rendah. Ketiga adalah membuat strategi yang dapat membantu Misbar Cinema untuk meningkatkan pelanggan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan cara kualitatif yaitu dengan wawancara dan kuantitatif yaitu dengan cara survey deskriptif. Analisis internal dan eksternal digunakan untuk menganalisis data Misbar Cinema yang telah dikumpulkan. Berdasarkan analisis, Misbar Cinema memiliki retensi yang rendah karena waktu acara Misbar Cinema yang tidak konsisten. Faktor lain yaitum Misbar Cinema harus membuat promosi sehingga merek Misbar Cinema dapat diketahui oleh konsumer baru. Analisis Internal (STP, Marketing mix 7P, resource-based view, porter value chain) dan analisis eksternal (Pestel, Porter Five forces, Consumer analysis) digunakan dalam analisis ini.