MAP Aktif Adiperkasa (MAPA) adalah perusahaan yang bergerak di Industri retail yang menjual
berbagai produk kebutuhan konsumen yang berhubungan dengan gaya hidup sehat, MAPA
merupakan anak perusahaan dari Mitra Adiperkasa (MAPI) yang mengelola penjualan di sektor
produk perlengkapan olahraga. MAPA memiliki hak distribusi khusus untuk beberapa produk
unggulan seperti Nike, Adidas, Reebok dll, gerai MAPA dapat ditemui diberbagai tempat
perbelanjaan umum yang ada di Indonesia.
Pada tahun 2020 pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia yang menyebabkan pemerintah harus
memberlakukan beberapa pertaturan yang bertujuan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19,
salah salah satunya adalah pembatasan social bersekala besar yang mengharuskan pusat
perbelanjaan yang mengakibatkan kerumunan orang harus ditutup atau tidak boleh beroperasional.
Hal ini menyebabkan MAPA mengalami masalah dengan penjualannya, namun MAPA masih dapat
bertahan dengan perubahan perilaku konsumen yang menggunakan platform belanja digital sebagai
salah satu pilihan untuk berbelanja serta produk MAPA yang mendukung gaya hidup sehat dapat
menjadi pilihan utaman konsumen selama masa pandemi ini.
Penelitian ini menggunakan PEST analisis untuk analisis makro, untuk analisis industry
menggunakan 5 force porter. Untuk analisis internal hanya menggunakan analisis keuangan dengan
membandingkan rasio rasio keuangan antara MAPA dan LPPF.
Untuk mendapatkan nilai wajar dari saham MAPA menggunakan discounted cash flow dan relative
valuation dengan EBITDA, dengan WACC sebesar 16,68% serta menggunakan proyeksi
pertumbuhan ekonomi Indonesia selama masa perbaikan setelah pandemi maka didapatkan nilai
wajar dengan metode DCF sebesar Rp. 1.011,59.
Dengan hasil ini maka didapatkan kesimpulan bahwa untuk saat ini investor yang memiliki saham
MAPA disarankan untuk menjual sahamnya dan masuk kembali pada saat harga pasar saham MAPA
sudah menyentuh di harga wajarnya.