digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Muhammad Ilham Bayu Insani
PUBLIC Taupik Abidin

Industri fashion telah berkembang pesat di Indonesia. Di 2017, sektor industri fashion menempati tingkat nomor dua di industri kreatif yang berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) di skala nasional, dan di 2018 industri fashion mendominasi pangsa ekspor industri kreatif. Di tengah perkembangan industri fashion, brand pakaian lokal bertema motor bermunculan. Typhoon adalah brand pakaian baru yang bertema motor. Agar tetap kompetitif, memahami preferensi pembeli terhadap suatu produk sangatlah penting. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui preferensi pembeli terhadap suatu produk dengan cara meminta pembeli untuk mengurutkan atribut produk berdasarkan preferensi mereka. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan non-probability sampling dan menggunakan kuesioner sebagai media pengumpulan data. Total responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini sejumlah 514 responden, 397 responden sesuai dengan kriteria penelitian ini dari total keseluruhan. Untuk menganalisis data yang sudah dikumpulkan, peneliti menggunakan metode conjoint analysis. Hasil dari data yang telah dianalisis adalah pembeli memiliki preferensi terhadap kombinasi bahan textile dan warna coklat muda untuk produk jaket berkendara motor. Penemuan lainnya adalah bahan dinilai lebih penting dibandingkan dengan warna. Karena dari itu, peneliti merekomendasikan atribut yang dipreferensikan oleh pembeli untuk ditawarkan di produk brand tersebut.