digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Ridho Ezelo
PUBLIC Open In Flip Book Alice Diniarti

BAB 1 Ridho Ezelo
PUBLIC Open In Flip Book Alice Diniarti

BAB 2 Ridho Ezelo
PUBLIC Open In Flip Book Alice Diniarti

BAB 3 Ridho Ezelo
PUBLIC Open In Flip Book Alice Diniarti

BAB 4 Ridho Ezelo
PUBLIC Open In Flip Book Alice Diniarti

BAB 5 Ridho Ezelo
PUBLIC Open In Flip Book Alice Diniarti

PUSTAKA Ridho Ezelo
PUBLIC Open In Flip Book Alice Diniarti

Penggunaan blok rem kereta api berbahan komposit untuk menggantikan blok rem berbahan metal sudah semakin pesat. Kelebihan yang diberikan blok rem komposit diantaranya umur pemakaian yang lebih lama, blok rem yang lebih ringan, dan harganya yang lebih murah. Akan tetapi, blok rem komposit belum bisa sepenuhnya menggantikan peran blok rem metalik. Koefisien gesek blok rem komposit yang lebih besar dari blok rem metalik menjadi kelemahan yang tidak bisa ditawar. Karena hal ini, blok rem komposit tidak cocok digunakan untuk kereta api dengan beban dan rute yang radikal. Pada tugas akhir ini pengembangan specimen rem komposit difokuskan untuk mendapatkan koefisien gesek rem komposit yang lebih rendah dari penelitian sebelumnya. Pengembangan dilakukan dengan memodifikasi kadar material-material yang mempengaruhi nilai koefisien gesek specimen rem komposit. Material-material penyusun yang dimodifikasi itu adalah alumina, ferrum, dan grafit. Pengujian koefisien gesek ketujuh spesimen yang dibuat berhasil menghasilkan spesimen rem komposit yang berkoefisien gesek rendah. Koefisien gesek spesimen berkisar dari 0,18-0,22. Nilai koefisien gesek ini lebih rendah jika dibandingkan dengan penelitian sebelumnya yang nilainya berkisar dari 0,23-0.32. Kekuatan tekan dan lentur spesimen juga memenuhi spesifikasi teknik untuk blok rem komposit kereta api. Pengujian sifat mekanik yang dilakukan telah menggunakan standar yang mengatur dimensi spesimen dan teknik pengujiaannya. Standar yang digunakan adalah standar ASTM D3702, ASTM D695, dan ASTM D790.