digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Fauzan Dwi Yulianto
PUBLIC Alice Diniarti

Semakin marak penggunaan listrik sebagai sumber energi pada kendaraan yang diyakini lebih efektif dan lebih ramah lingkungan dibanding sumber energi fosil. Hal tersebut memicu banyak penelitian terhadap kendaraan listrik salah satunya pada sistem baterai yang berfungsi sebagai wadah energi pada kendaraan listrik. Baterai Litium-ion dapat mengalami thermal runaway bila mengalami hubungan arus pendek akibat beban impak. Maka dari itu dibutuhkan struktur pelindung yang mampu melindungi baterai agar tidak terjadi masalah apabila terdapat beban impak dari luar. Model yang dikembangkan saat ini yaitu sandwich panel menggunakan material komposit Carbon Fiber Reinforced Polymer (CFRP). Simulasi ground impact dilakukan dengan membandingkan beberapa geometri core menggunakan LS-DYNA dan menentukan geometri core yang efektif yaitu triangle, sinusoidal, dan Blast Resistance Adaptive Sandwich (BRAS). Selanjutnya untuk ketiga geometri tersebut dilakukan studi parametrik berupa variasi orientasi lamina core dan ketebalan lamina core. Orientasi lamina core yang optimum untuk geometri triangle dan BRAS yaitu [{0/90}2/{{45/- 45}/{0/90}}3]Sdan [{12,88/-77,12}/{-12,88/77,12}]8 untuk geometri core BRAS. Ketebalan lamina core yang paling optimum untuk geometri core triangle, sinusoidal, dan BRAS adalah sebesar 2.40 mm. Struktur geometri core BRAS dengan orientasi lamina [{0/90}2/{{45/-45}/{0/90}}3]Sdan ketebalan lamina 2.40 mm memiliki performa paling baik.