BAB 1 Lia Erika
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Lia Erika
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Lia Erika
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Lia Erika
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Lia Erika
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Lia Erika
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Lia Erika
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Pesatnya perkembangan teknologi mendorong inovasi di berbagai industri, salah satunya adalah pada sektor keuangan, yaitu teknologi finansial. Salah satu perusahaan yang telah memanfaatkan teknologi untuk mengoptimalkan layanan keuangannya adalah CIMB Niaga, melalui aplikasi telepon genggamnya yang bernama OCTO Mobile. Namun ternyata masih banyak masalah yang dikeluhkan oleh pengguna aplikasi OCTO Mobile. Hal ini menunjukkan bahwa masih adanya kesulitan pengguna untuk bertransaksi menggunakan OCTO Mobile dan menunjukkan masih adanya kekurangan OCTO Mobile dalam menjalankan fungsinya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi usability aplikasi OCTO Mobile dengan melibatkan langsung target pengguna aplikasi OCTO Mobile.
Evaluasi usability dilakukan pada fitur pembukaan rekening baru, isi ulang e-wallet, dan pembukaan reksa dana secara sumatif dengan teknik usability testing dan usability inquiry. Dimensi usability yang diukur dalam penelitian ini adalah efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna dimana pengumpulan data dilakukan dengan metode field testing dan melibatkan 32 orang partisipan.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa usability aplikasi OCTO Mobile masih belum baik karena masih terdapat tugas yang belum efektif dan/atau belum efisien. Selain itu, nilai kepuasan pengguna terhadap aplikasi OCTO Mobile secara keseluruhan juga tergolong rendah. Setelah melakukan evaluasi usability, penelitian ini menghasilkan 17 usulan perbaikan yang ditujukan untuk meningkatkan usability aplikasi OCTO Mobile dengan metode concept generation.