digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak :Dengan semakin meningkatnya tuntutan pelanggan akan peningkatan pelayanan dan keamanan jasa angkutan kereta aFi, maka PT. Kereta Api Indonesia sebagai pengelola angkutan kereta api dituntut menyediakan suatu prasarana dan sarana kereta api yang handal. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kenyamanan konsumen akan jasa angkutan kereta api adalah meningkatkan kecepatan operasional kereta api dengan cara memperkuat struktur jalan rel dengan menggunakan rel panjang ( welded rail ). Masalah yang timbul pada penggunaan rel panjang adalah mengatasi bahaya rel buckling, yang sangat membahayakan bagi perjalanan kereta api. Buckling pada rel panjang merupakan peristiwa tertekuknya rel ke arah lateral yang diakibatkan ketidakmampuan komponen jalan rel menahan gaya aksial tekan yang sebagian besar disebabkan oleh perbedaan suhu. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan pengkajian perilaku buckling rel panjang dan komponen track lainnya agar dapat diketahui batasan-batasan penggunaan rel panjang dalam mengeliminasi pengaruh gaya luar yang menyebabkan rel mengalami buckling.