digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2000 HASTONO
PUBLIC rikrik

Abstrak : Pada tesis ini telah dibangun perangkat lunak ADAS yang digunakan untuk keperluan akuisisi data beban aerodinamik dalam pengujian terowongan angin berkecepatan rendah dengan menggunakan balance system. ADAS memiliki kemampuan untuk melakukan akuisisi data tunnel references, akuisisi data beban aerodinamik model. pesawat terbang atau komponennya, serta melakukan pengaturan sudut putar external balance. Beban aerodinamik tersebut meliputi drag, lift, side force, momen pitch, momen yaw dan momen roll. Sudut external balance tersebut, pada pengujian half model merepresentasikan sudut serang, sedangkan pada pengujian full model merepresentasikan sudut slip samping. Persamaan pengukuran balance system didekati dengan persamaan matriks orde dua. Pembangunan perangkat lunak dilakukan mengikuti standar DoDSTD-2167A, menggunakan siklus RDL Life Cycle yang merujuk pada kerangka kerja Thomson-CSF Methodological Baseline. Pengembangan dimulai dengan analisis kebutuhan dengan pendekatan fungsional menggunakan metoda SART. Selanjutnya perancangan dilakukan dengan menggunakan metoda TOOD untuk menentukan objek-objek melalui translasi dari SART dan abstraksi objek yang ada dalam permasalahan. Implementasi rancangan dilakukan ke bahasa pemrograman Borland C++ Builder versi 3.0 dengan sistem operasi Microsoft Window 95. Verifikasi yang dilakukan meliputi review, analisis dan pengetesan. Pengetesan unit dan integrasi dilakukan menggunakan metoda "Black Box". Pengetesan validasi perangkat lunak dilakukan melalui perbandingan perilaku dalam eksekusi dengan perilaku yang ditentukan, menunjukkan bahwa perangkat lunak valid.