digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Siti Nurfitriana
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Siti Nurfitriana
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Siti Nurfitriana
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Siti Nurfitriana
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Siti Nurfitriana
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Siti Nurfitriana
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

COVER Siti Nurfitriana
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PASS Bumbu Serbaguna adalah portofolio terbaru dari Kriya Mandiri Restu, perusahaan UMKM, yang memproduksi bahan baku makanan. PASS Bumbu Serbaguna terbuat dari campuran rempah-rempah, yang digunakan untuk meningkatkan rasa makanan, seperti rendang, gulai, nasi goreng, mie aceh, sate, tongseng, atau bahkan makanan timur tengah. Potensi pasar PASS Bumbu Serbaguna relatif besar namun perusahaan memiliki keterbatasan sumber daya. Oleh karena itu, perusahaan harus membuat strategi untuk menjual produk ke spesifik usaha makanan yang ditetapkan sebagai beachhead market, untuk mendapatkan proses penjualan yang efektif dan efisien. Proses penelitian mengikuti kerangka kerja dari Bill Aulet, dalam bukunya "Disciplined Entrepreneurship". Untuk menembus pasar tersebut, penulis mengidentifikasi persona pelanggan dan mengamati perjalanannya, berdasarkan analisa full life cycle use case. Perilaku mereka ditafsirkan dan dikembangkan menjadi strategi, yang disebut strategi adopsi. Metode wawancara dan studi literatur digunakan untuk mendapatkan data. Hasilnya, penulis memilih penjual masakan Padang dengan skala usaha mikro sebagai Beachhead market. Selanjutnya, penulis mengusulkan beberapa strategi berupa desain ulang label produk dan memposisikan produk untuk masakan Padang, pengembangan strategi promosi yang diuraikan sesuai sales funnel, Pengaturan strategi harga, dan Pengaturan area penjualan dan tipe toko.