Aerodinamika memiliki peran penting dalam sebuah balapan, sehingga fenomena
ini menjadi salah satu riset utama yang dilakukan oleh tim balap dan peneliti untuk
menginvestigasi bagaimana fenomena aerodinamika terjadi di sekitar mobil ketika
manuver untuk menjadikannya nilai lebih. Riset ini meneliti fenomena
aerodinamika pada kondisi-kondisi balap menggunakan simulasi CFD pada model
mobil balap pada kondisi tanpa interaksi dengan mobil lain dan simulasi
aerodinamika pada interaksi antara dua mobil saat berpapasan. Penelitian dilakukan
dengan penyelesaian RANS dengan model K-? untuk mensimulasikan model
turbulen. Nilai gaya hambat dan gaya turun dari mobil belakang berkurang sebagai
konsekuensi dari wake mobil depan namun nilai gaya hambat dari mobil depan
mengalami peningkatan yang cukup signifikan ketika mobil belakang bermanuver
mendekati mobil depan. Riset ini ditujukan untuk memeroleh skenario terbaik
untuk mobil yang dirugikan akibat fenomena ini.