digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Andrea Eka Putri
PUBLIC Alice Diniarti

Aerodinamika memiliki peran penting dalam sebuah balapan, sehingga fenomena ini menjadi salah satu riset utama yang dilakukan oleh tim balap dan peneliti untuk menginvestigasi bagaimana fenomena aerodinamika terjadi di sekitar mobil ketika manuver untuk menjadikannya nilai lebih. Riset ini meneliti fenomena aerodinamika pada kondisi-kondisi balap menggunakan simulasi CFD pada model mobil balap pada kondisi tanpa interaksi dengan mobil lain dan simulasi aerodinamika pada interaksi antara dua mobil saat berpapasan. Penelitian dilakukan dengan penyelesaian RANS dengan model K-? untuk mensimulasikan model turbulen. Nilai gaya hambat dan gaya turun dari mobil belakang berkurang sebagai konsekuensi dari wake mobil depan namun nilai gaya hambat dari mobil depan mengalami peningkatan yang cukup signifikan ketika mobil belakang bermanuver mendekati mobil depan. Riset ini ditujukan untuk memeroleh skenario terbaik untuk mobil yang dirugikan akibat fenomena ini.