Hotel kecil hingga menengah (SMSH) telah berkembang pesat selama bertahun-tahun karena
meningkatnya industri pariwisata Indonesia. Fenomena ini menarik minat startup, Veesit
Technology, untuk ikut serta dalam mengembangkan hotel murah di Indonesia dengan
menyediakan produk dan layanan yang bermanfaat untuk memperbaiki manajemen hotel
para hotel tersebut. Dalam mendistribusikan produk, perusahaan mempertimbangkan untuk
menggunakan situs web e-commerce untuk memberikan informasi dan alat transaksi yang
mudah digunakan untuk pelanggannya. Saat ini, semakin banyak perusahaan B2B (bisniske-
bisnis) menyadari bahwa situs web e-commerce adalah faktor mendasar dalam proses
bisnis. Situs web sebagai salah satu media berperan paling penting sebagai antarmuka utama
antara perusahaan dan pelanggan mereka.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas informasi situs web
e-commerce B2B pada niat pembelian pelanggan. Peneliti menggunakan metode kuantitatif,
regresi berganda, dan analisis deskriptif untuk menganalisis data. Penelitian ini diterapkan
pada pemilik dan pengambil keputusan hotel yang berlokasi di Jawa Barat. Berdasarkan hasil
analisis, salah satu variabel kualitas informasi, yaitu relevansi, memiliki efek positif terhadap
niat beli. Variabel lain, yaitu keakuratan informasi, yang terdiri dari dimensi keringkasan,
kebenaran, dan kelengkapan ditemukan tidak signifikan atau tidak mempengaruhi niat beli
dalam proses pembelian.
Diketahui memiliki korelasi moderat dengan niat beli, sangat penting bagi pelaku bisnis B2B
atau pemasar untuk mempertimbangkan relevansi informasi dalam mengembangkan ecommerce
mereka. Peneliti merangkum sejumlah strategi untuk memaksimalkan relevansi
informasi pada situs web e-commerce B2B untuk meningkatkan niat beli pembeli potensial.
Termasuk perencanaan SEO, publikasi artikel, produksi konten yang ditargetkan,
pemanfaatan media sosial, memastikan pengguna mendapatkan pengalaman pelanggan yang
baik ketika mengunjungi situs web perusahaan dengan menginstal hierarki yang tepat di situs
web dan memikirkan versi ponsel yang tepat, menyediakan demo produk, dan melacak niat
beli.
Kata Kunci: B2B E-commerce Website, Information Quality, Relevance, Accuracy,
Purchase Intention