digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2000 Bagus FW Hidayat
PUBLIC Open In Flip Book Alice Diniarti

Abstrak : Suatu perancangan committed access rate (CAR) service yang dapat membatasi kecepatan akses bisa dilakukan dengan mekanisme token bucket tanpa buffer. Sedangkan token bucket dengan buffer biasanya digunakan untuk pengaturan delay atau traffic shaping. Studi dilakukan dengan melakukan analisa dan simulasi mekanisme token bucket standard dan extended. Waktu antar kedatangan paket yang digunakan terdistribusi eksponensial dan Pareto. Perilaku parameter token bucket dianalisa dengan berbagai macam perubahan parameter input. Parameter token bucket tersebut antara lain adalah: token rate r, bucket size b, extended bucket size eb, arrival packet rate A, conform packet ratedan drop packet rate Ad. Dari hasil simulasi dan analisa yang dilakukan, semakin besar bucket size b dan semakin besar kecepatan kedatangan token r, trafik A, akan semakin conform. Mekanisme token bucket extended menghasilkan trafik lebih conform dibanding token bucket standard. Pada harga r kecil, pada sumber trafik eksponensial, untuk menghasilkan trafik conform lebih besar 80% s.d. 90% bisa dipilih nilai b - 1 x r atau b - 1.5 x r. Sedangkan pada harga semua nilai r, pada mekanisme token bucket standard dan extended sumber eksponensial, untuk menghasilkan trafik conform lebih besar 92% bisa dipilih nilai b seperti formula tersebut di atas atau nilai b sama dengan atau lebih besar dari 6 kali ukuran paket rata-rata. Untuk token bucket extended sumber eksponensial, dengan nilai b sama dengan 6, menghasilkan trafik conform rata-rata 99.3%. Untuk token bucket extended sumber Pareto, dengan nilai b sama dengan 20 dan 30, menghasilkan trafik conform rata-rata 96.8% dan 98%. Pola trafik conform sumber Pareto kurang halus (smooth) atau lebih berfluktuasi dibanding dengan sumber eksponensial.