digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Jessica Octaviora Vitara
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB

Institut Karate-do Indonesia merupakan organisasi olahraga karate tertua, terbesar, dan berprestasi di Indonesia. Dengan skalanya yang besar, dibutuhkan identitas visual yang mampu merepresentasikan karakter brand INKAI dengan efektif dan konsisten. Menurut teori identifikasi kelompok, persepsi pendukung sebuah kelompok menentukan prestasi kelompok tersebut. Hal ini sejalan dengan konsep branding, dimana persepsi audiens memengaruhi kesuksesan brand tersebut. Penelitian bermetode campuran dilakukan dengan cara studi pustaka, wawancara, dan angket. Data tersebut kemudian dianalisis dengan metode deskriptif dan naratif sehingga terbentuk brand brief. Brand brief diterjemahkan menjadi konsep visual melalui kata kunci, penentuan warna, tipografi, logo, dan supergrafis. Setelah terbentuk, identitas diaplikasikan dalam produk internal, media promosi, dan acara. Untuk menjaga konsistensi, dirancang pula panduan sebagai manajemen asset.