Sparring adalah aplikasi yang sedang dikembangkan oleh PT Raga Sarana
Indonesia dan merupakan aplikasi futsal online yang bermaksud membantu
mempertemukan pemain dan tim futsal lokal yang berada di seluruh Bandung. Visi
Sparring adalah membantu meningkatkan motivasi masyarakat untuk berprestasi
dan menjalankan gaya hidup sehat melalui solusi berbasis teknologi. Saat ini
Sparring masih dalam tahap pengembangan awal dan sebelumnya perusahaan telah
mengumpulkan masukan dari calon pengguna terkait bagaimana aplikasi ini dapat
menjawab kebutuhan mereka dan fitur-fitur yang mungkin diperlukan. Setelah
menyusun prototipe, Sparring sekarang ingin memeriksa apakah rancangan user
interface tersebut nyaman digunakan untuk memastikan bahwa saat launching
aplikasi memang berguna bagi pengguna.
Penelitian ini bertujuan meningkatkan usability dari aplikasi Sparring. Metode
evaluasi usability yang digunakan adalah usability testing dan usability inquiry.
Atribut usability yang akan dievaluasi adalah efektivitas, efisiensi, dan kepuasan
pengguna. Teknik evaluasi usability yang akan digunakan adalah performance
measurement, kuesioner standar berupa After-Scenario Questionnaire (ASQ) dan
Questionnaire for User Interface Satisfaction (QUIS), dan retrospective thinkaloud
(RTA). Penelitian ini dilakukan terhadap 20 orang partisipan dan perekrutan
dilakukan dengan kombinasi convenience sampling dan purposive sampling serta
pengambilan data untuk penelitian dilakukan di lapangan atau berupa field testing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prototipe dari aplikasi Sparring memiliki nilai
efektivitas, efisiensi dan kepuasan pengguna yang cukup baik namun terdapat
sejumlah permasalahan yang teridentifikasi melalui retrospective think-aloud.
Penelitian ini telah merancang perbaikan tampilan untuk 13 dari 18 halaman pada
prototipe aplikasi Sparring.