digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Lyonidhia Khairunnisa
PUBLIC Alice Diniarti

Sparring adalah aplikasi yang sedang dikembangkan oleh PT Raga Sarana Indonesia dan merupakan aplikasi futsal online yang bermaksud membantu mempertemukan pemain dan tim futsal lokal yang berada di seluruh Bandung. Visi Sparring adalah membantu meningkatkan motivasi masyarakat untuk berprestasi dan menjalankan gaya hidup sehat melalui solusi berbasis teknologi. Saat ini Sparring masih dalam tahap pengembangan awal dan sebelumnya perusahaan telah mengumpulkan masukan dari calon pengguna terkait bagaimana aplikasi ini dapat menjawab kebutuhan mereka dan fitur-fitur yang mungkin diperlukan. Setelah menyusun prototipe, Sparring sekarang ingin memeriksa apakah rancangan user interface tersebut nyaman digunakan untuk memastikan bahwa saat launching aplikasi memang berguna bagi pengguna. Penelitian ini bertujuan meningkatkan usability dari aplikasi Sparring. Metode evaluasi usability yang digunakan adalah usability testing dan usability inquiry. Atribut usability yang akan dievaluasi adalah efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Teknik evaluasi usability yang akan digunakan adalah performance measurement, kuesioner standar berupa After-Scenario Questionnaire (ASQ) dan Questionnaire for User Interface Satisfaction (QUIS), dan retrospective thinkaloud (RTA). Penelitian ini dilakukan terhadap 20 orang partisipan dan perekrutan dilakukan dengan kombinasi convenience sampling dan purposive sampling serta pengambilan data untuk penelitian dilakukan di lapangan atau berupa field testing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prototipe dari aplikasi Sparring memiliki nilai efektivitas, efisiensi dan kepuasan pengguna yang cukup baik namun terdapat sejumlah permasalahan yang teridentifikasi melalui retrospective think-aloud. Penelitian ini telah merancang perbaikan tampilan untuk 13 dari 18 halaman pada prototipe aplikasi Sparring.