digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penurunan tingkat kebisingan pada Light Railway Transit (LRT) menjadi hal yang diinginkan untuk menambahkan kenyamanan akustik pada LRT. Studi ini memfokuskan penurunan tingkat kebisingan dari lantai kereta LRT. Penurunan tingkat kebisingan ini ditandai dengan berkurangnya tingkat daya suara, bertambahnya nilai rugi transmisi dan bertambahnya nilai Sound Transmission Class (STC). Lantai kereta LRT yang memiliki struktur model extruded panel dimodelkan dengan menggunakan metode Waveguide Finite Element - Boundary Element. Penyederhanaan dari lantai kereta LRT, lantai panel ganda dan panel ganda sederhana, juga dimodelkan untuk mengetahui pengaruh dari setiap struktur pada lantai kereta LRT pada kurva dispersi, mobility, tingkat daya suara, nilai rugi transmisi, dan STC. Untuk meningkatkan kinerja rugi transmisi sistem lantai kereta LRT, dilakukan variasi parameter kemiringan sudut extruded panel, massa jenis struktur, damping loss factor, ketebalan panel, dan ketebalan rongga pada lantai kereta LRT, sehingga didapatkan desain alternatif dari lantai kereta LRT. Hasil simulasi menunjukkan bahwa nilai STC dari lantai kereta LRT adalah 41 dengan massa per panjang sebesar 60 kg/m, dengan defisiensi pada frekuensi sekitar 125 Hz, 500 Hz, 1000 Hz, dan 3000 Hz. Penambahan ketebalan rongga dapat meningkatkan nilai STC dengan kenaikan massa per panjang yang kecil. Penambahan ketebalan panel dapat meningkatkan nilai STC dengan kenaikan massa per panjang yang signifikan. Penambahan damping loss factor dapat meningkatkan nilai STC, namun hanya menaikkan nilai rugi transmisi pada frekuensi di sekitar mode. Penambahan massa jenis struktur dapat meningkatkan nilai STC dengan kenaikan massa per panjang yang signifikan. Penambahan kemiringan sudut extruded panel dapat meningkatkan nilai STC dengan penurunan massa per panjang yang sangat kecil. Alternatif desain yang diambil adalah desain lantai kereta dengan ketebalan rongga sebesar 9 cm, ketebalan panel sebesar 5 mm, damping loss factor sebesar 0,1, massa jenis sebesar 3600 kg/m3, dan kemiringan sudut extruded panel sebesar 55?. Desain ini memiliki nilai STC sebesar 47 dengan massa per panjang sebesar 87 kg/m.