Penurunan tingkat kebisingan pada Light Railway Transit (LRT) menjadi hal yang
diinginkan untuk menambahkan kenyamanan akustik pada LRT. Studi ini
memfokuskan penurunan tingkat kebisingan dari lantai kereta LRT. Penurunan
tingkat kebisingan ini ditandai dengan berkurangnya tingkat daya suara,
bertambahnya nilai rugi transmisi dan bertambahnya nilai Sound Transmission
Class (STC). Lantai kereta LRT yang memiliki struktur model extruded panel
dimodelkan dengan menggunakan metode Waveguide Finite Element - Boundary
Element. Penyederhanaan dari lantai kereta LRT, lantai panel ganda dan panel
ganda sederhana, juga dimodelkan untuk mengetahui pengaruh dari setiap struktur
pada lantai kereta LRT pada kurva dispersi, mobility, tingkat daya suara, nilai rugi
transmisi, dan STC. Untuk meningkatkan kinerja rugi transmisi sistem lantai kereta
LRT, dilakukan variasi parameter kemiringan sudut extruded panel, massa jenis
struktur, damping loss factor, ketebalan panel, dan ketebalan rongga pada lantai
kereta LRT, sehingga didapatkan desain alternatif dari lantai kereta LRT.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa nilai STC dari lantai kereta LRT adalah 41
dengan massa per panjang sebesar 60 kg/m, dengan defisiensi pada frekuensi
sekitar 125 Hz, 500 Hz, 1000 Hz, dan 3000 Hz. Penambahan ketebalan rongga
dapat meningkatkan nilai STC dengan kenaikan massa per panjang yang kecil.
Penambahan ketebalan panel dapat meningkatkan nilai STC dengan kenaikan
massa per panjang yang signifikan. Penambahan damping loss factor dapat
meningkatkan nilai STC, namun hanya menaikkan nilai rugi transmisi pada
frekuensi di sekitar mode. Penambahan massa jenis struktur dapat meningkatkan
nilai STC dengan kenaikan massa per panjang yang signifikan. Penambahan
kemiringan sudut extruded panel dapat meningkatkan nilai STC dengan penurunan
massa per panjang yang sangat kecil. Alternatif desain yang diambil adalah desain
lantai kereta dengan ketebalan rongga sebesar 9 cm, ketebalan panel sebesar 5 mm,
damping loss factor sebesar 0,1, massa jenis sebesar 3600 kg/m3, dan kemiringan
sudut extruded panel sebesar 55?. Desain ini memiliki nilai STC sebesar 47 dengan
massa per panjang sebesar 87 kg/m.