digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Muhammad Anandha Ramadhan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Muhammad Anandha Ramadhan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Muhammad Anandha Ramadhan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Muhammad Anandha Ramadhan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Muhammad Anandha Ramadhan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Muhammad Anandha Ramadhan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

IKO Katering & Paket Pernikahan adalah perusahaan yang berfokus pada sektor pernikahan. Perusahaan ini memiliki beberapa vendor untuk mendukung pernikahan dan acara lainnya seperti katering, dekorasi, fotografi, videografi, penyewaan pakaian, penyewaan mobil pernikahan & penyewaan truk, bisnis ini didirikan pada tahun 1997. Terletak di Tangerang Selatan, Banten. Sejak 2014 hingga 2019, IKO Katering & Paket Pernikahan mengalami tren penurunan penjualan. Penelitian ini menganalisis situasi bisnis yang dibagi oleh faktor eksternal dan internal. Selanjutnya, analisis SWOT dan strategi bisnis generik digunakan untuk mengembangkan alternatif strategi bisnis dan solusi untuk masalah bisnis. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data primer untuk membantu menganalisis situasi bisnis yang merupakan pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif, sedangkan pengumpulan data sekunder juga digunakan yang dikumpulkan dari artikel berita, laporan industri, jurnal, buku dll. sesuai dengan analisis situasi bisnis, ada beberapa hal yang menyebabkan menurunnya penjualan: (1). Rendahnya kualitas promosi, (2). Persaingan usaha vendor pernikahan tinggi, (3). Suasana kantor yang berkualitas rendah. Ada beberapa solusi yang diusulkan untuk IKO Katering & Paket Pernikahan untuk meningkatkan penjualan mereka, yaitu (1). Tingkatkan kualitas promosi terutama pada media digital dan tawarkan diskon khusus pada beberapa kesempatan (2). Menawarkan produk paket lengkap dengan harga terjangkau (3). Meningkatkan kualitas suasana kantor bahkan membuka kantor baru di sisi jalan utama.