Teleskop merupakan alat utama dalam observasi astronomi. Tidak sedikit sekolah
yang memilikinya untuk tujuan pendidikan. Bahkan hampir di seluruh
SMP/Sederajat di kabupaten Bandung mempunyai teleskop. Dari survei pada
Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) di tiga sekolah didapati 78% siswa tahu di
sekolahnya terdapat teleskop, tetapi tidak ada seorang pun yang pernah
menggunakannya. Sebagai upaya peningkatan penggunaan teleskop di sekolah
dibuatlah panduan penggunaan teleskop. Panduan tersebut dibuat dengan format
lembar kerja siswa dengan model eksperimen bermakna yang dikembangkan dari
manual book teleskop dan sebagai batasannya dengan Kurikulum 2013. Model 4D
digunakan sebagai metode pengembangan lembar kerja. Tahap validasi yang
dilakukan oleh ahli mendapatkan nilai CVR (Content Validity Ratio) untuk
hampir semua konten terdapat indikator yang dikembangkan dinilai “relevan”,
serta nilai Content Validity Index (CVI) = 0.99. Selain itu dari ahli juga
didapatkan penilaian terkait kualitas lembar kerja dan didapatkan nilai “baik”. Uji
lapangan yang dilakukan mendapatkan peningkatan dari kemudahan siswa
memahami materi dan kemudahan melakukan kegiatan. Dari proses
pengembangan ini dihasilkan lembar kerja yang layak untuk digunakan sebagai
panduan penggunaan teleskop di sekolah.