COVER Davindra Giovanno Airulla
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Davindra Giovanno Airulla
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Davindra Giovanno Airulla
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Davindra Giovanno Airulla
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4A Davindra Giovanno Airulla
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4B Davindra Giovanno Airulla
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Davindra Giovanno Airulla
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Davindra Giovanno Airulla
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Kontrol lalu lintas merupakan upaya penanggulangan kemacetan dikota-kota
besar setelah upaya-upaya konvensional terbukti tidak efektif. Pengadaan
infrastruktur baru seperti Transjakarta sebagai pengurangan kemacetan dinilai
tidak sesuai antara biaya yang dikeluarkan dengan hasil yang didapat.Oleh karena
itu perlu diupayakan optimasi dari sisi lain, salah satunyadengan membuat durasi
lampu hijau dan merah yang adaptif terhadap laju aliran kendaraan secara real
time.
Lampu lalu lintas adaptif ini berperan dalam minimalisasi panjang antrean yang
merupakan fungsi nonlinear dengan kendala.Agar didapatkanlaju alirankendaraan
yang cukup representatif dengan kondisi nyata, dilakukan clusteringdengan
pengelompokan nilai volume kendaraan yang relatif sama selama satu hari penuh.
Dalam pengelompokan laju aliran ini digunakan metode Gaussian agar model
yang diperoleh sesuai dengan kondisi sebenarnya.Setelah model laju
alirandirancang, dilakukan optimasi dengan metode quasi-Newton sebagai
aproksimasi matriks Hessian agar didapatkan representasi panjang antrean
kendaraan minimum.Sistem optimasi ini kemudian dikombinasikan dengan Model
Predictive Controlagar didapatkan pengontrolan optimal.