Pelampung (floats) pada pesawat amfibi merupakan bagian yang vital karena
harus bisa menahan beban impak hidrodinamik ketika pesawat mendarat di air. Panel
komposit sandwich telah banyak digunakan untuk struktur yang menerima impak, namun
respon dinamiknya sangat dipengaruhi oleh mekanisme kegagalan yang terjadi pada
panel tersebut. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui mekanisme
kegagalan panel komposit sandwich akibat impak hidrodinamik.
Pada penelitian ini, akan dilakukan simulasi numerik untuk mengetahui
mekanisme kegagalan panel komposit sandwich akibat impak hidrodinamik dengan
menggunakan metode Coupled Eulerian-Lagrangian (CEL) pada finite element
modelling. Metode ini menggabungkan kerangka Lagrangian dan Eulerian. Kerangka
lagrangian digunakan untuk mengamati deformasi pada struktur, sedangkan kerangka
eulerian digunakan untuk mengamati gerakan fluida. Dengan menggabungkan kedua
kerangka tersebut, deformasi pada struktur serta gerakan fluida dapat dianalisis secara
bersamaan. Hasil yang diperoleh pada simulasi numerik ini adalah gaya hidrodinamik,
profil kegagalan pada skin, dan profil kegagalan delaminasi. Hasil simulasi ini kemudian
dibandingkan dengan hasil pengujian yang telah dilakukan oleh Hassoon.
Dari perbandingan hasil yang dilakukan, hasil dari simulasi numerik yang
dilakukan cukup mendekati hasil dari pengujian yang dilakukan oleh Hassoon. Hal ini
menunjukkan bahwa pemodelan yang dilakukan dan parameter-parameter yang
digunakan pada simulasi cukup representatif untuk menggambarkan kondisi nyata
mekanisme kegagalan pada komposit sandwich.