digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pelampung (floats) pada pesawat amfibi merupakan bagian yang vital karena harus bisa menahan beban impak hidrodinamik ketika pesawat mendarat di air. Panel komposit sandwich telah banyak digunakan untuk struktur yang menerima impak, namun respon dinamiknya sangat dipengaruhi oleh mekanisme kegagalan yang terjadi pada panel tersebut. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui mekanisme kegagalan panel komposit sandwich akibat impak hidrodinamik. Pada penelitian ini, akan dilakukan simulasi numerik untuk mengetahui mekanisme kegagalan panel komposit sandwich akibat impak hidrodinamik dengan menggunakan metode Coupled Eulerian-Lagrangian (CEL) pada finite element modelling. Metode ini menggabungkan kerangka Lagrangian dan Eulerian. Kerangka lagrangian digunakan untuk mengamati deformasi pada struktur, sedangkan kerangka eulerian digunakan untuk mengamati gerakan fluida. Dengan menggabungkan kedua kerangka tersebut, deformasi pada struktur serta gerakan fluida dapat dianalisis secara bersamaan. Hasil yang diperoleh pada simulasi numerik ini adalah gaya hidrodinamik, profil kegagalan pada skin, dan profil kegagalan delaminasi. Hasil simulasi ini kemudian dibandingkan dengan hasil pengujian yang telah dilakukan oleh Hassoon. Dari perbandingan hasil yang dilakukan, hasil dari simulasi numerik yang dilakukan cukup mendekati hasil dari pengujian yang dilakukan oleh Hassoon. Hal ini menunjukkan bahwa pemodelan yang dilakukan dan parameter-parameter yang digunakan pada simulasi cukup representatif untuk menggambarkan kondisi nyata mekanisme kegagalan pada komposit sandwich.