digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


COVER Hadad Aulia Rahman
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Hadad Aulia Rahman
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Hadad Aulia Rahman
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Hadad Aulia Rahman
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Hadad Aulia Rahman
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Hadad Aulia Rahman
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Hadad Aulia Rahman
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

HIDRODINAMIK PADA TWIN FLOAT SEAPLANE Indonesia sebagai negara kepulauan tengah mengembangkan pesawat amfibi yang mampu mendarat di darat dan air. Hal ini bertujuan untuk menjangkau daerah-daerah terpencil yang minim fasilitas pendaratan pesawat. Bagian pesawat yang menjadi kunci untuk misi ini adalah bagian float. Struktur float harus kuat menahan beban baik statik mapun dinamik, terutama beban impak pada saat mendarat di air. Dalam penelitian ini dilakukan kaji model dan perbandingan simulasi impak hidrodinamik untuk memperoleh metode yang sesuai untuk menggambarkan impak hidrodinamik pada twin-float seaplane. Metode yang digunakan adalah metode Coupled Eulerian Lagrangian pada ABAQUS CAE dengan model float yang diberi beban distribusi tekanan akibat impak hidrodinamik sebagai acuan distribusi tegangan pada float, model pelat dengan beban impak hidrodinamik sebagai acuan pengaturan pemodelan simulasi impak hidrodinamik impak, model float dengan beban impak hidrodinamik untuk memperoleh distribusi tegangan pada float, dan model float yang disederhanakan untuk menyederhanakan pemodelan simulasi sebelumnya. Berdasarkan kaji model yang dilakukan menunjukkan bahwa model float yang disederhanakan dapat menggambarkan interaksi struktur dan fluida serta distribusi tegangan pada model twin-float seaplane. Metode ini sudah divalidasi dengan pendekatan empiris Von Karman dan memperoleh eror 16%, sehingga metode ini valid dan dapat digunakan.