digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK ULFA HANIFATUL HIDAYAH
PUBLIC Dewi Supryati

Aplikasi kesehatan berupa mobile health (m-health) mulai berkembang pesat, salah satunya adalah layanan kesehatan berupa konsultasi jarak jauh (teleconsultation). Menurut World Health Organization, suatu m-health perlu di evaluasi dan dirancang terkait efektivitas, efisiensi, dan kepuasan penggunanya agar dapat memenuhi tujuannya sebagai sarana peningkatan layanan kesehatan. Di Indonesia, m-health yang menyediakan layanan paling lengkap termasuk teleconsultation adalah Halodoc. Halodoc menyediakan layanan konsultasi dokter, pembelian obat daring, laboratorium daring, dan artikel kesehatan. Sebelumnya, pihak Halodoc telah melakukan evaluasi usability, namun hanya untuk beberapa fitur layanan aplikasi. Berdasarkan diskusi, pihak Halodoc menginginkan evaluasi usability pada seluruh fitur. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi aspek usability terkait dengan efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna dari seluruh fitur layanan aplikasi Halodoc, lalu memberikan usulan perbaikan antarmuka. Evaluasi dilakukan pada fitur login dan pendaftaran, layanan konsultasi daring, layanan pembelian obat daring, artikel kesehatan, serta logout. Efektivitas diukur melalui tingkat keberhasilan tugas dan persentase kesalahan, efisiensi diukur melalui rerata waktu penyelesaian tugas menggunakan time-based efficiency dan overall relative efficiency, dan kepuasan pengguna diukur melalui kuesioner M-health App Usability Questionnaire (MAUQ). Selanjutnya, retrospective think aloud (RTA) digunakan sebagai dasar penentuan prioritas perbaikan antarmuka. Penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi Halodoc memiliki beberapa permasalahan. Masalah terkait efektivitas dan efisiensi mencakup kesulitan pengguna saat mengubah alamat saat membeli obat, mencari dan menambahkan obat, dan menambahkan resep, mencari artikel, serta mengakhiri percakapan dengan dokter umum. Selain itu, masalah terkait kepuasan pengguna berupa keluhan kebutuhan durasi yang lama untuk menggunakan aplikasi. Berdasarkan RTA, penelitian ini mengusulkan 22 perbaikan pada antarmuka aplikasi.