Transaksi adalah kegiatan yang sangat melekat dalam kehidupan sehari-hari. Awal kegiatan ini dilakukan jauh sebelum orang mengenal uang. Awalnya, transaksi dilakukan dengan menukar barang atau barter. Perkembangan teknologi juga mempengaruhi jenis uang yang digunakan dalam transaksi masyarakat modern, hal ini mendukung lahirnya uang elektronik berbasis server. Untuk mendukung penggunaan uang elektronik, PT. Bank Central Asia, Tbk (BCA) meluncurkan produk uang elektronik yang menggunakan ponsel, yaitu Sakuku. Sakuku adalah aplikasi e-Wallet atau uang elektronik yang diluncurkan pada 28 September 2015 untuk memudahkan pengguna melakukan transaksi digital dan perbankan tanpa membawa uang tunai.
Pertumbuhan penggunaan frekuensi uang elektronik nasional sangat besar pada 2017 hingga 2018, tetapi pada periode itu pertumbuhan frekuensi uang elektronik menggunakan Sakuku hanya 36%. Ada beberapa faktor utama yang menyebabkan rendahnya pertumbuhan penggunaan Sakuku. Pertama, kurangnya aktivitas promosi. Kedua, fiturSakuku kurang mampu memenuhi kebutuhan konsumen. Faktor-faktor utama ini terjadi karena segmentasi, penargetan, dan penentuan posisi serta bauran pemasaran yang tidak fokus. Karena itu, akar penyebabnya adalah kurangnya pemahaman Sakuku akan kompetisi di industri dan kebutuhan konsumen.
Untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh Sakuku, peneliti melakukan penelitian ini untuk memperbaiki strategi. Penelitian ini menggunakan proses manajemen strategis untuk merumuskan strategi baru untuk mengusulkan strategi pemasaran yang tepat untuk Sakuku dalam rangka meningkatkan kesadaran pasar sasaran dan meningkatkan keinginan pasar sasaran untuk menggunakan Sakuku. Proses manajemen strategis dimulai dengan memahami lingkungan internal dan eksternal, menemukan akar penyebab, merumuskan strategi pemasaran, menerapkan strategi pemasaran, dan mengevaluasi. Pada akhir penelitian, peneliti merekomendasikan Sakuku untuk merumuskan kembali STP yang juga mengubah strategi bauran pemasaran, yang meliputi promosi, tempat, produk, dan harga.