digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRACT – Strategi menjadi salah satu kebutuhuan utama untuk suatu perusahaan demi mencapai keberhasilan dalam persaingan bisnis dibandingkan kompetitor lainnya. Transportasi sudah menjadi kebutuhan yang tidak dapat dihindari lagi untuk perkembangan industri, sosial, perdagangan dan ekonomi. Sebagai perusahaan pemerintah yang bergerak di bidang transportasi dan dipercaya untuk masyarakat Indonesia, PT. KAI (Persero) harus dapat memberi pelayanan dan pengalaman yang terbaik agar dapat selalu dinikmati, diminati, digunakan, pilihan utama dan juga untuk meningkatkan keuntungan. Unit MCO adalah unit yang didirikan di bawah tanggung jawab Departemen dan direktur Sumber Daya Manusia dan Umum di PT. KAI (Persero) - (D6). Unit MCO memiliki tugas dan tanggung jawab utama untuk merencanakan, mengevaluasi, dan mengoordinasikan pelaksanaan program kerja D6. Implementasi dari program ini adalah: analisis beban kerja, pembentukan dan desain organisasi SDM dan proses bisnis dan pengembangan organisasi. Untuk melakukan dan melaksanakan tugas, unit MCO harus terlebih dahulu memahami tujuan, sasaran, misi dan visi perusahaan untuk membentuk strategi yang dapat dipahami oleh kantor pusat, anak perusahaan, dan perusahaan mitra. Makalah ini akan mencoba untuk mengevaluasi dan menganalisis kemampuan pelaksanaan strategi Unit MCO dengan menggunakan pendekatan yang dikembangkan oleh Gary L Neilson et al, yang ada dalam artikel Harvard Business Review mereka “Rahasia untuk Keberhasilan Strategi Eksekusi”. Dengan melibatkan tiga departemen di bawah Unit MCO, yang diwakili oleh karyawan yang berpartisipasi dalam pengumpulan data. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa ada ruang untuk perbaikan yang masih dapat ditempuh dalam bidang Hak Keputusan, Struktur, Aliran Informasi, dan Motivasi. Penulis mengambil inisiatif untuk menyarankan perbaikan dan memvalidasi hasil melalui Diskusi Kelompok Fokus dengan unit MCO sebagai ahli materi pelajaran.