digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Yeti Hestiati
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Yeti Hestiati
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Yeti Hestiati
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Yeti Hestiati
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Yeti Hestiati
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Yeti Hestiati
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Java's Kids adalah Brand Fashion Indonesia yang didirikan pada tahun 2018. Memfokuskan bisnis pada anak-anak sebagai target pasar pengguna akhir adalah keputusan yang baik bagi Java's Kids, hal ini dikarenakan tingginya populasi anak-anak di Indonesia. Pencapaian pertumbuhan bisnis fashion yang positif membuat perusahaan harus menghadapi kompetisi bisnis yang tinggi dalam industrinya. Perusahaan mengalami penjualan stagnan ketika memulai bisnis di pakaian berbasis Custom T-Shirt. Kemudian produk dirubah menjadi pakaian berbasis batik pada awal 2019. Produk batik pertama diluncurkan pada April 2019. Pencapaian penjualan dalam tahap pengenalan produk ini dianggap rendah atau di bawah target penjualan perusahaan. Produk yang dijual hanya 31,06% sementara target perusahaan adalah setidaknya 50% produk yang terjual dari total unit produksi. Ada banyak faktor yang mungkin memengaruhi kondisi tersebut. Rendahnya kesadaran produk adalah dugaan awal alasan yang mempengaruhi kesulitan untuk mendapatkan pelanggan. Oleh karena itu, penelitian tentang komunikasi atau promosi pemasaran yang tepat diperlukan untuk meningkatkan kesadaran produk dan mendapatkan pelanggan. Untuk mendukung hal tersebut, analisis kondisi bisnis perusahaan diperlukan sebelum perumusan strategi dan rencana implementasi. Untuk memahami kondisi bisnis internal perusahaan saat ini secara keseluruhan dan meliputi kekuatan serta kelemahan perusahaan, analisis kondisi bisnis internal dilakukan dengan menggunakan STP (Segmenting, Targeting and Positioning) dan Analisis Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat dan Promosi). Sementara analisis kondisi bisnis eksternal dilakukan untuk menganalisis peluang dan ancaman yang mungkin memengaruhi perusahaan, analisis lingkungan akan dilakukan dengan menggunakan PEST, Porter Five Forces dan Analisis Persaingan. Sebelum merumuskan strategi promosi, analisis Pembandingan dan Tahapan Process Pembelian Pelanggan dilakukan untuk mendapatkan informasi tambahan dalam menyusun strategi. Berdasarkan semua analisis, dapat disimpulkan bahwa Java's Kids kurang promosi saat menjual produk. Saluran dan alat promosi yang digunakan masih dalam jumlah terbatas. Tim pemasaran menjalankan kegiatan promosi tanpa perencanaan dan / atau strategi. Konsep Komunikasi Pemasaran Terintegrasi digunakan untuk merumuskan strategi promosi. Tawaran solusi bisnis terdiri dari beberapa faktor seperti spesifikasi target pasar, tujuan promosi yang sesuai untuk tahap pengantar, pesan konten, saluran dan media promosi, penganggaran dan bauran promosi. Berdasarkan perumusan strategi, perubahan utama diajukan pada penambahan jumlah media dan alat promosi. Di akhir laporan penelitian, rencana implementasi yang diusulkan disediakan sebagai rekomendasi untuk Java's Kids. Usulan Strategi Komunikasi Pemasaran Terintegrasi diharapkan dapat meningkatkan kesadaran produk, mendapatkan pelanggan dan meningkatkan hasil penjualan produksi berikutnya.