Gramedia Academy adalah lini usaha baru dari kelompok penerbit Gramedia yang bergerak di bidang pelatihan untuk perusahaan. Gramedia Academy menyediakan pelatihan yang materinya disusun dari buku-buku terbitan kelompok penerbit Gramedia, dan menjadikan penulis buku sebagai instrukturnya. Melalui analisis yang dilakukan dari lingkungan bisnis eksternal dan internal, diketahui bahwa industri pelatihan merupakan industri yang memiliki kompetisi sangat ketat. Gramedia Academy perlu mengubah model bisnisnya untuk menjalankan usahanya secara berkelanjutan dan terhindar dari persaingan ketat di industri pelatihan.
Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengambilan sampel secara sengaja. Data dikumpulkan lewat wawancara terhadap 15 manajer training di perusahaan dari berbagai industri dan 15 trainer dari berbagai subyek pelatihan untuk memperoleh informasi perilaku. Wawancara juga dilakukan kepada 2 penggagas platform digital untuk memperluas wawasan.
Formulasi strategi menggunakan Business Model Canvas untuk membantu Gramedia Academy menentukan nilai produk yang ditawarkan, mengadopsi teknologi digital dan mengadaptasi model bisnis digital yang sudah dijalankan pada industri lain.