digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Michael Jefferson
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Michael Jefferson
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Michael Jefferson
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Michael Jefferson
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Michael Jefferson
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Michael Jefferson
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

SB diluncurkan pada akhir 2016 oleh PT ABX. SB masih berjuang untuk mengembangkan kategori cider di Indonesia serta mengalahkan volume Albens sebagai satu-satunya pesaing. Pada tahun 2019, ABX ingin mengembangkan strategi pemasaran untuk menumbuhkan kategori cider di Indonesia dan menjadi merek no. 1 Cider di Indonesia. Memahami semua kompleksitas peraturan pemerintah, perubahan perilaku konsumen, era digitalisasi, ABX bersikeras untuk mendapatkan awareness menggunakan media sosial. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan questionnaire. Data dianalisis menggunakan metode deduksi (SBOT) dimana fakta dianalisis dengan berbagai teori marketing. Teori yang digunakan meliputi analisis aspek dalam (Analisis STP, New Wave Marketing Mix, and Analisis Resource Based View) and analisis aspek luar (Analisis PESTLE, Porter Five Forces, Analisis Competitor, and Analisis Survei Kuantitatif). Menurut New Wave Marketing 12C, strategi pemasaran SB adalah mengoptimalkan mesin pencari dan interaksi melalui Instagram untuk mendapatkan ulasan, membuat konten kreatif, mensponsori KOL, berpartisipasi di komunitas lokal, memasang visibilitas permanen dan menu di outlet, menetapkan harga baru di segmen premium , memulai program rekomendasi pelayan, dan membangun platform aktivasi. Semua inisiatif untuk memenangkan konsumen melalui media sosial akan diimplementasikan dalam waktu enam bulan.