digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Redisya Gilang Permana
PUBLIC Sandy Nugraha

Kota Surabaya dikenal sebagai kota pesisir dan kota maritim yang memiliki nilai yang sarat akan sejarahnya dari zaman kerajaan hingga zaman kolonial. Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Kalimas sebagai salah satu Urban Places di pesisir Kota Surabaya belum merepresentasikan nilai sejarah sebagai kota pesisir dan kota maritim sehingga perlu adanya suatu perencanaan dan perancangan yang dapat merepresentasikan nilai-nilai sejarah tersebut. Seiring dengan adanya Rencana Induk Pelabuhan (RIP) Tanjung Perak, kawasan ini diprediksi akan dikembangkan dalam jangka panjang hingga tahun 2035. Tesis ini bertujuan untuk membuat simulasi perancangan kawasan rekreasi di Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Kalimas dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dan alur perancangan sinoptik. Dengan metode tersebut, dikembangkan tiga alternatif desain yang nantinya akan diseleksi dengan menggunakan metode Goal Achievement Matrix (GAM) untuk menentukan deain yang paling relevan dengan kondisi kawasan.Berdasarkan kriteria variabel perancangan yang telah disusun, maka disimulasikan perancangan kawasan dengan konsep Maritime Recreational. Tesis ini mensimulasikan perancangan Urban Place di Kota Surabaya yang dapat meningkatkan vitalitas Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Kalimas sebagai kawasan pesisir dan kawasan maritim, sehingga dalam perancangannya, muncul aktivitas-aktivitas baru yang dapat membentuk citra kawasan yang lebih atraktif dan menarik. Pendekatan perancangan dengan manambahkan program-program fasilitas yang baru sehingga kawasan ditujukan kepada pengguna yang lebih bervariatif, dari pelaku rekreasi, pelaku perdagangan dan jasa, dan pekerja. Profram-program fasilitas baru tersebut diperhitungkan mampu menampung kegiatan-kegiatan baru seperti komersial, bekerja, pelayaran, bongkar uat barang, wisata serta ruang terbuka publik.