digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak Muhammad Kautsar.pdf ]
PUBLIC Taupik Abidin

Media sosial telah mengubah cara bisnis dijalankan, terutama dalam pemasaran. Dengan ketersediaan media sosial, lebih mudah bagi bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka. Salah satu media sosial yang berpengaruh untuk bisnis adalah Instagram. Dengan fitur yang berfokus pada pembuatan konten, Instagram telah membantu pemasar untuk terhubung dengan pelanggan mereka dengan membuat konten yang terlibat dengan pelanggan mereka dengan tujuan untuk mempengaruhi niat pembelian mereka. SADE adalah merek fesyen lokal dari Bandung yang menggunakan Instagram sebagai saluran pemasaran utamanya. Untuk mendapatkan penjualan, SADE perlu mengirimkan konten yang dapat mengubah minat pelanggan terhadap produk menjadi membeli produk. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor untuk konten Instagram merek fesyen yang secara signifikan mempengaruhi niat pembelian pelanggan. Dengan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data, penelitian ini menganalisis tiga variabel independen yaitu Product Presentation, Functional Brand Post dan Perceived Quality terhadap niat pembelian. Data dikumpulkan dengan jumlah 212 responden, di mana responden berasal dari Bandung dan Jakarta dengan usia antara 18 - 37 tahun dan aktif menggunakan Instagram. Dengan menggunakan regresi multi-linear untuk mengetahui hubungan masing-masing variabel independen, penelitian menyimpulkan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian pelanggan adalah product presentation dan perceived quality.