digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Sarah Iasya
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 1 Sarah Iasya
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 2 Sarah Iasya
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 3 Sarah Iasya
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 4 Sarah Iasya
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 5 Sarah Iasya
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 6 Sarah Iasya
PUBLIC Alice Diniarti

PUSTAKA Sarah Iasya
PUBLIC Alice Diniarti

Dokumen proyek akhir ini membahas mengenai Bauran Pemasaran (7p) yang ada di Kampung Budaya Sindangbarang. Penentuan lokasi studi yaitu dengan melihat adanya potensi untuk mengembangkan suatu daya tarik wisata yang diduga masih belum diketahui orang banyak karena belum optimalnya pemasaran yang dilakukan karena belum adanya penelitian mengenai bauran pemasarannya. Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui penerapan bauran pemasaran di Kampung Budaya Sindangbarang dilihat dari persepsi wisatawan. Studi ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mendeskripsikan analisis statistik. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Jumlah sampel ditentukan menggunakan teori Slovin, dan didapat 100 sampel dengan penentuan sampel menggunakan sampling quota. Hasil kuesioner diukur menggunakan skala nominal, skala interval, dan skala likert. Alat yang digunakan untuk mengolah data dan memperoleh hasil perhitungan menggunakan Microsoft Excel dan SPSS dengan penyajian data menggunakan pie chart. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa penerapan bauran pemasaran pada Kampung Budaya Sindangbarang sudah terlaksana dengan baik, akan tetapi masih ada hal-hal tertentu yang harus diperhatikan dan diperbaiki agar wisatawannya meningkat. Kesimpulan dari studi ini didapatkan karakteristik wisatawan Kampung Budaya Sindangbarang dan keberhasilan bauran pemasaran di Kampung Budaya Sindangbarang dengan nilai rata-rata 3.50 dan diketahuinya elemen bauran pemasaran yang paling mempengaruhi di Kampung Budaya Sindangbarang.